Bakal Jadi Pesaing Tesla, Startup Ini Dapat Sokongan Dana dari Amazon

Telset.id, Jakarta – Perusahaan startup Rivian Automotive pada Jumat (15/2) mengumumkan bahwa mereka baru saja mendapatakn pendanaan sebesar USD 700 juta dari Amazon. Rivian sendiri diketahui sebagai perusahaan AS yang akan meluncurkan truk pikap dan SUV listrik di tahun 2020 mendatang.

Dilaporkan Investor, startup yang berbasis di Michigan ini akan bersaing dengan truk listrik buatan Tesla, bernama Tesla Semi.

“Kami terinspirasi oleh visi Rivian untuk masa depan transportasi listrik. Kami senang berinvestasi di perusahaan yang begitu inovatif,” kata CEO divisi worldwide consumer di Amazon, Jeff Wilke dalam sebuah pernyataan.

Amzon menjadi investor yang memberikan investasi paling besar kepada Rivian. Namun dalam pernyataan yang disampaikan  Jeff Wilke, Rivian akan tetap menjadi perusahaan independen.

{Baca juga: Nissan dan Honda Bakal Buat Mobil Listrik di Thailand}

Pengumuman itu muncul beberapa hari setelah General Motors (GM) dan Amazon dilaporkan hampir melakukan investasi di Rivian. Kesepakatan itu diharapkan memberi GM dan Amazon saham minoritas di Rivian dan menjadikan perusahaan itu bernilai USD 1-2  miliar.

Analis Evercore ISI, Arndt Ellinghorst menyebutkan bahwa truk listrik belum mewakili masa depan GM, setidaknya dalam waktu dekat, karena kurangnya permintaan dengan harga yang menguntungkan.

Sementara itu, analis Morgan Stanley, Adam Jonas awal pekan ini mengatakan bahwa investasi terhadap mobil pikap listrik masuk akal karena sejumlah alasan. Diantaranya kebutuhan seperti torsi tinggi untuk menarik dan mengangkut, ketersediaan pengisian daya peralatan listrik.

{Baca juga: IBM Ubah Truk jadi Pusat Pelatihan Keamanan Siber}

Jonas mengatakan, dengan kemampuan di bidang perangkat lunak, arsitektur kendaraan, dan modal yang besar, dapat menjadikan Rivian sebagai “the next Tesla.”

Rivian memamerkan prototipe truk listrik R1T akhir tahun lalu. Perusahaan ini menjanjikan kendaraan buatannya dapat mencapai 60 mil per jam dalam tiga detik.

Ketertarikan pada startup truk listrik muncul ketika para pembuat mobil terkemuka seperti GM dan Ford  meninggalkan mobil penumpang, dan lebih fokus pada truk pickup dan SUV yang dianggap lebih menguntungkan.

Sementara itu, alasan ketertarikan Amazon kepada Rivian karena mereka ingin menyempurnakan strategi pengiriman dan logistiknya. Untuk diketahui, minggu lalu, Amazon juga menjadi investor terbesar dengan nilai investasi USD 530 juta untuk startup mobil tanpa supir Aurora Innovation. [BA/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here