telset

Bagaimana Teknologi 5G akan Mengubah Dunia?

JAKARTA – Teknologi 5G akan segera datang dan meggeser teknologi sebelumnya, 3G dan 4G. Menurut beberapa pakar, teknologi ini sangat berbeda dengan dua teknologi sebelumnya.

Seperti dikutip dari BBC, Prof Rahim Tafazolli, Kepala 5G Innovation Centre di University of Surrey, Inggris, mengatakan bahwa 5G merupakan harmonisasi radio spektrum yang dramatis. Artinya, 5G akan mendorong perubahan ke arah terjadinya koneksi yang diperlukan untuk membangun kota pintar, pembedahan secara remote, mobil tanpa pengemudi, hingga internet of things (IOT).

5G diklaim 100 kali lebih cepat dibandingkan 4G. Menurut Tafazolli, 5G dapat menjalankan koneksi data wireless hingga 800 Gbps. Bahkan ketika Samsung mengungkapkan teknologi 5G nya dapat mengunduh satu HD film dalam waktu satu detik, tampaknya hal ini bisa terlampaui. Sebab dengan kecepatan 800 Gbps bisa megunduh 800 HD film dalam waktu sedetik.

Kapasitas 5G juga lebih luas. Sara Mazur, Kepala Ericsson Research, salah satu perusahaan yang mengembangkan 5G, mengatakan bahwa di 2020 ada 50 miliar hingga 100 miliar device yang terkoneksi ke internet. Jadi, koneksi dengan banyak frekuensi harus dibangun untuk memenuhi tuntutan tersebut. Padahal, membangun kapasitas jaringan seperti halnya memperluas jalan raya dan teknologi 5G jadi jawabannya. (AI/HZ)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0