Bagaimana Cara Matikan Data Roaming di iPhone?

iPhone 11 Pro Lokasi

Telset.id, Jakarta – Membeli kartu SIM lokal saat sedang bepergian ke luar negeri adalah hal yang lumrah. Biasanya, orang melakukan ini demi efiesiensi. Sementara kehadiran SIM ganda semakin memudahkan orang untuk gonta-ganti kartu perdana tanpa harus mencopot nomor telepon utama. Namun demikian, selalu ada saat dimana kita (mungkin) lupa untuk mematikan data roaming di ponsel.

Alhasil, tagihan telepon pun membengkak. Karena itu memastikan data roaming di ponsel sudah mati adalah hal yang penting. Caranya bagaimana?

{Baca juga: Cara Pindahkan Data dari Ponsel Android Lama ke Baru}

Katakanlah perangkat yang kita miliki adalah iPhone, yang harus kita lakukan pertama kali adalah masuk ke menu pengaturan (Settings).  Setelah itu, pilih Cellular, sebelum akhirnya memberi tanda pada opsi Cellular Data Options. Dari sini, kita cukup memastikan bahwa tanda Data Roaming dalam posisi mati (harus berwarna abu-abu. Jika berwarna hijau, berarti masih aktif)

Harus diketahui bahwa mematikan data roaming tidak mematikan roaming di smartphone. Kita hanya tidak dapat menggunakan data. Dengan kata lain, kita masih bisa menerima panggilan dan pesan teks saat berada di luar negeri.

Nah, bagaimana kalau ternyata kita memang ingin menonaktifkan sepenuhnya roaming ini? Untuk melakukannya, kita hanya perlu berbicara dengan operator seluler. Mintalah kepadanya untuk menonaktifkan roaming secara umum. [SN/IF]

 

Source : Ubergizmo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here