Badnews, Malware Jenis Baru di Android

Malware di Android
ilustrasi

Jakarta –Perusahaan keamanan mobile, Lookout melaporkan telah mengidentifikasi kehadiran malware baru bernama BadNews. Malware baru yang ditemukan tersebut diyakini berasal dari 32 aplikasi yang dikembangan oleh 4 developer berbeda.

Lookout juga melaporkan bahwa BadNews didistribusikan dengan menyamar sebagai jaringan dari sebuah iklan yang mampu mengirimkan pesan palsu serta mengumpulkan info personal seperti nomor ponsel dan ID perangkat.

Selain itu malware ini memiliki kemampuan untuk mengirim notifikasi yang meminta pengguna mengunduh aplikasi lebih banyak lagi. BadNews juga mampu melakukan push SMS premium

“Memasukkan kode berbahaya ke dalam Google Play adalah sebuah tantangan, dan penulis kode dari Badnews telah membuat sebuah jaringan iklan jahat, sebagai software berbahaya yang dikemas sebagai kedok, sehingga software akan mudah lolos dari pemeriksaan aplikasi, untuk masuk dalam perangkat, untuk melakukan infeksi dikemudian hari,” jelas pihak Lookout, seperti dilansir softpedia, Senin (22/04).

Badnews bisa melakukan pengiriman pesan palsu, bahkan pengguna disajikan atau diminta untuk memasang berbagai aplikasi. Selanjutnya, malware  tersebut akan mengirim rincian tentang pengguna, termasuk nomot telepon maupun ID perangkat.

Lookout juga mencatat, bahwa Badnews mampu menghadirkan AlphaSMS, yang dikenal sebagai malware penipuan SMS premium ke perangkat yang terinfeksi.

Pengembang Badnews juga terus memperhatikan aplikasi mereka untuk memonitor perkembangan dari aplikasi pihak ketiga. Jika memungkinkan, maka malware bisa ikut menumpang aplikasi pihak ketiga tersebut, untuk menghindari deteksi berbahaya dari pihak keamanan aplikasi.[WNH/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0