Awas Phising di iOS! Peretas Manfaatkan “Menu Pop-up”

Telset.id, Jakarta – Sistem operasi iOS digadang-gadang sebagai sistem operasi mobile teraman. Tapi klaim itu nampaknya mulai dipertanyakan, karena semakin banyaknya peretas yang berhasil membobol tebalnya dinding keamanan iOS. Salah satunya munculnya kasus phising di sistem operasi buatan Apple itu.

Adalah Felix Krause, seorang pengembang iOS yang menemukan adanya serangan phising tersebut. Felix memposting temuannya ini ke blog pribadi miliknya. Dia menjelaskan bagaimana mudahnya seorang peretas memanfaatkan menu pop-up untuk mendapatkan password Apple ID para korbannya.

[Baca juga: Bosan dengan Android atau iOS? Coba Pakai OS Ini!]

“Menampilkan dialog yang terlihat seperti pop-up sistem sangat mudah, tidak ada kode khusus atau rahasia yang terlibat. Benar-benar murni seperti contoh yang diberikan di dokumentasi Apple, tanpa harus mengubah apapun,” ujar Felix, seperti dikutip dari laman 9to5mac.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa setelah dia membongkar kode tersebut, kode ini sangat tidak kompleks. Hanya ada kurang dari 30 baris kode dalam phising tersebut.

Melihat kejadian ini, Felix pun merasa bertanggung jawab. Dia memberikan tips mengenai bagaimana mencirikan tindakan phising tersebut.

Pertama-tama, jika para pengguna melihat pop-up yang meminta memasukkan password Apple ID, coba menekan tombol Home terlebih dahulu. Jika ternyata pop-up tersebut hilang, maka ini indikasi bahwa pop-up tersebut adalah phising.

[Baca juga: Fitur ‘Bookmark’ Twitter Segera Meluncur]

Selain itu, jangan pernah mengisi password di pop-up yang sekiranya tidak Anda percaya. Sama halnya jika Anda menerima e-mail yang berisi tautan, lalu meminta password Apple ID, abaikan saja.

Namun jika Anda terlanjur mengetikan satu saja huruf, maka kemungkinan peretas sudah mengetahui password Anda. Jika sudah demikian, segerakan ganti password Anda. [NC/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here