Awas Pembajakan Akun Facebook Mengintai

JAKARTA- Saat ini berbagai layanan Internet selalu diintai oleh para penjahat cyber. Berbagai cara dilakukan penjahat cyber, salah satunya Facebook sebagai sarana mencari uang. Seperti banyak modus penipuan lewat Facebook.

Yang menjadi sasaran bisa siapa saja, yang paling banyak dari kalangan selebritis yang merupakan salah satu daya tarik bagi penggemarnya tak kecuali di Facebook. Kegemaran Facebooker mencari kabar terbaru dari artis favorit mereka dimanfaatkan cracker untuk menjerat korban.

Seperti Informasi dari Vaksincom, Kamis 3/3/2011, modus baru penipuan ini memanfaatkan fitur chatting di Facebook. Modus yang termasuk kategori phising ini memancing pengguna dengan memberikan link ke situs palsu dengan iming-iming informasi artis.

Situs yang beralamatkan di www.news-all-artis-indonesia.tk tersebut sekilas memang memiliki tampilan mirip halaman login di Facebook. Agar tambah penasaran, pengguna pun dipancing dengan munculnya pesan Login to Video dan Login Here to View Video.

Alih-alih sebuah video yang muncul, user yang terlanjur memasukkan username dan password malah dibawa kehalaman situs porno dengan berjuta gambar seronok di dalamnya. Dilihat dari ciri-cirinya, penipuan ini bisa jadi dibuat oleh penjahat cyber lokal. Meski demikian, belum diketahui jumlah korban akibat penipuan tersebut. Namun dilihat dari banyaknya masyarakat Indonesia yang menggunakan Facebook, bukan tidak mungkin penipuan ini bakal menelan korban. [ana/hbs]

Previous articleHati-Hati Virus di Ponsel Android
Next articleAda Celah Bug di Windows 7

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here