Awas! Malware di Facebook Messenger Bisa Curi Password

Telset.id, Jakarta – Sebuah malware Facebook Messengger yang berbahaya telah ditemukan. Malware bernama FacexWorm ini dapat terinstal tanpa disadari pengguna, dan dapat curi password atau kata sandi pemilik akun.

Dilansir dari The Sun, malware ini ditemukan oleh seorang host radio teknologi The Kim Komando Show. Malware ini digunakan para penjahat cyber untuk melancarkan skema phishing terbaru mereka kepada pengguna yang tidak bersalah.

FacexWorm akan menyerang dengan cara mengarahkan korban ke situs web versi palsu, seperti YouTube, meminta pengguna untuk mengunduh ekstensi Chrome untuk memutar konten video,” kata McAfee’s Chief Consumer Security Evangelist, Gary Davis.

Pengguna tidak akan sadar ketika malware FacexWrom sudah terinstal. Hal itulah yang membuatnya berbahaya karena dapat mencuri data-data berharga dari situs web, akun google dan bahkan juga cryptocurrency.

Davis juga memperingatkan bahwa worm ini juga dapat mengakses Facebook pengguna yang terinfeksi dan menggandakan jumlah tautan YouTube palsu, untuk menyebarluaskan FacexWorm.

Untuk mencegah FacexWorm masuk melalui akun Facebook, McAfee menawarkan tiga saran:

Yang pertama harus selalu berhati-hatilah dengan apa yang anda klik. Pastikan klik pada tautan dari sumber terpercaya. Sebaiknya waspada dan hindari mengeklik bila menemukan konten aneh, meski dikirim oleh teman kita.

Yang kedua, ganti info login akun secepatnya. Sebab, tujuan utama FacexWorm adalah mencuri kredensial ke situs penting. Sehingga sangat penting untuk mengubh pasword login akun Google anda, dan akun uang digital Anda.

Baca juga: Asyiik! Messenger Lite Sekarang Bisa Video Chatting

Pastikan untuk membuat kata sandi yang kuat dan kompleks, sehingga menyulitkan bagi penjahat cyber untuk memecahkannya.

Dan yang tak kalah pentingnya, McAfee menyarankan untuk menambahkan tambahan keamanan dalam browser yang digunakan, sehingga aman ketika sedang online. Sebab, sulit untuk mengidentifikasi email atau pesan media sosial yang berasal dari penjahat cyber. [BA/HBS]

Sumber: The Sun

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI