Awas! “Guide Apps” di Android Jadi Sarangnya Malware

Telset.id, Jakarta – Anda sering menemui “Guide Apps” untuk berbagai game terkenal seperti Clash of Clans, FIFA Mobile, Pokemon GO, dan lainnya? Lebih baik jangan pernah download aplikasi tersebut karena di dalamnya terdapat malware untuk menguntungkan para hacker di segi finansial.

Dilansir Tim Telset.id dari The Hackernews, telah ditemukan lebih dari 40 “guide apps” atau aplikasi panduan berisi malware di Google Play Store untuk beberapa game populer yang sudah menginfeksi kurang lebih 2 juta pengguna Android. Temuan tersebut berhasil diungkap oleh peneliti di bidang keamanan, Check Point.

Aplikasi berbahaya ini dijuluki sebagai FalseGuide yang mampu memberikan keuntungan finansial bagi para hacker karena lewat malware yang diselipkannya, akan muncul berbagai iklan palsu yang mengganggu dan tak jarang membuat smartphone korban bekerja tidak maksimal.

“Sejak 24 April, peneliti Check Point mengetahui bahwa serangan FalseGuide jauh lebih luas daripada yang mereka ketahui,” jelas Check Point dalam situs resminya.

Hebatnya lagi dari FalseGuide ini adalah, aplikasi tersebut berhasil lolos dari pengawasan Google Play Store sejak pertama kali diunggah para toko online milik Google itu pada November 2016 silam. So, jika Anda senang bermain game di Android dan menemui jalan buntu dalam memainkannya, jangan cari aplikasi guide untuk game tersebut di Google Play Store, lebih baik tanyakan kepada teman yang juga memainkannya atau cari via Google Search. (FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI