Awas! Aplikasi ‘InstaAgent’ Incar Data Pengguna Instagram

Instagram malware blackJAKARTA – InstaAgent, sebuah aplikasi yang terhubung ke Instagram yang berguna untuk melacak siapa saja yang mengunjungi akun instagram penggunanya. Ternyata, aplikasi ini malah menyimpan username dan password pengguna, yang kemudian mengirim ke server yang mencurigakan.

“Who Viewed Your Profile – InstaAgent” ternyata membaca username dan password pengguna dan kemudian mengirimnya melalui teks ke server instagram.zunamedia.com/

passwordzunemediaInstaAgent juga dapat melakukan login dan mengirim gambar yang tidak sah di mata Instagram, padahal Instagram sama sekali tidak mengizinkan aplikasi pihak ketiga untuk meng-upload foto ke akun pengguna.

Google telah menghapus aplikasi ini dari Google Play Store tetapi pada iOS App aplikasi ini masih tersedia. Siapapun yang telah mengunduh aplikasi ini diharapkan untuk menghapusnya dan mengganti password Instagramnya.

Selain itu, disarankan juga jika password untuk situs maupun akun yang sama dengan password Instagram Anda untuk segera diganti secepatnya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk pencegahan lainnya, gunakanlah password yang unik dan kompleks (yang rumit atau sulit), bila Anda bingung gunakanlah aplikasi 1Password yang dapat menghasilkan password yang unik tersebut agar akun Anda aman tentunya.

topapps

Terdapat banyak aplikasi pihak ketiga yang mengatas namakan Instagram, nah aplikasi inilah yang harus Anda hindari karena menurut Instagram, aplikasi ini kemungkinan untuk berupaya menggunakan akun Anda dengan cara yang tidak pantas seperti InstaAgent.[MFH/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI