Awas! Ada Malware Berkedok Video “Tips Virus Corona”

Telset.id, Jakarta – Kaspersky menemukan malware berkedok video tutorial atau cara berlindung dari Virus Corona. File tersebut dianggap menggunakan momentum virus yang saat ini menjadi wabah dan dikhawatirkan oleh seluruh umat manusia.

Berdasarkan keterangan yang diterima pada Senin (03/02/2020), malware yang ditemukan menyamar dengan kedok file pdf, mp4, docx tentang Virus Corona. Nama-nama file menyiratkan bahwa kesemua malware berisi instruksi video tentang cara melindungi diri dari virus. Pun demikian info terkini seputar ancaman serta prosedur deteksi virus.

{Baca juga: Menkominfo Berencana Gunakan SMS untuk Lawan Hoaks Corona}

“Coronavirus, yang sedang dibahas secara luas sebagai berita utama, telah digunakan sebagai umpan oleh para pelaku kejahataan siber,” tulis Analis Malware Kaspersky, Anton Ivanov.

Dibalik video tersebut, nyatanya malware tersebut berisi berbagai ancaman dari Trojan ke worm yang mampu menghancurkan, memblokir, memodifikasi atau menyalin data, serta mengganggu pengoperasian komputer atau jaringan komputer.

“Sejauh ini kami hanya melihat sejumlah 10 file unik, tetapi karena aktivitas demikian kerap terjadi dengan topik populer di media, maka kami memperkirakan kecenderungan ini akan bertambah,” tambah Anton.

Anton menilai jika temuan ini bisa saja bertambah. Alasannya karena masih ada rasa kekhawatiran dari masyarakat global terkait Virus mematikan asal Wuhan tersebut.

“Ketika masyarakat masih memiliki kekhawatiran akan kesehatan mereka, kita mungkin melihat semakin banyak malware yang tersembunyi di dalam dokumen palsu tentang penyebaran virus corona,” tutup Anton.

{Baca juga: Ada Ancaman Virus Corona, Pabrik Huawei Nekat Tetap Produksi}

Anton meminta pengguna selalu menghindari tautan mencurigakan, yang menjanjikan konten eksklusif dan rujuklah ke sumber resmi untuk memperoleh informasi yang sah dan dapat dipercaya. Kemudian lihatlah ekstensi file yang diunduh. Dokumen dan file video seharusnya tidak dibuat dalam format .exe atau .lnk.

Untuk lebih lengkapnya,  berikut ini nama-nama file dengan malware yang ditemukan teknologi deteksi Kaspersky :

Worm.VBS.Dinihou.r
Worm.Python.Agent.c
UDS:DangerousObject.Multi.Generic
Trojan.WinLNK.Agent.gg
Trojan.WinLNK.Agent.ew
HEUR:Trojan.WinLNK.Agent.gen
HEUR:Trojan.PDF.Badur.b

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI