Awas! Ada Malware Android Berkedok Update Chrome Browser

Telset.id, Jakarta – Masalah serangan malware memang masih menjadi momok bagi para pengguna Android, terutama bagi mereka yang ceroboh. Temuan terbaru mengungkap adanya malware baru yang menyamar sebagai update untuk Chrome browser versi mobile.

Malware baru ini pertama kali terdeteksi oleh perusahaan keamanan Zscaler. Malware ini dirancang untuk memantau log panggilan, browser history, pesan teks SMS dan informasi perbankan pengguna.

Malware yang menyamar sebagai update untuk Chrome browser versi mobile ini akan mengarahkan pengguna untuk mengakses sebuah halaman web Google abal-abal yang terlihat sangat mirip halaman Google atau Android.

Setelah pengguna mengunjungi halaman web Google palsu, selanjutnya pengguna akan diminta untuk mengisi informasi mengenai nomor telepon, dan juga nomor kartu kredit dengan dalih sebagai alat pembayaran untuk transaksi di Google Play Store. Setelah data yang diminta terisi, malware ini akan langsung mengirimkannya ke server milik hacker.

Zscaler juga mencatat bahwa malware ini mampu mendeteksi jika pengguna menggunakan aplikasi antivirus, yang kemudian menghapusnya untuk terhindar dari sistem pendeteksi. Parahnya, malware ini sangat tangguh, dan hanya bisa dihapus dengan cara melakukan factory reset.

Nah, bagi Anda pengguna Android harus ekstra waspada dengan malware ini. Sebaiknya Anda tetap mengunduh aplikasi yang hanya tersedia di platform resmi seperti Google Play Store saja. [HBS]

 

SourceBGR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI