Awas! Aplikasi TikTok Palsu Sebar Spyware dan Curi Password

Telset.id, Jakarta – Sebaiknya Anda kini mulai waspada, karena telah ditemukan aplikasi TikTok palsu di Internet. Aplikasi abal-abal bernama ‘TikTok Pro’ ini sangat berbahaya karena sudah disusupi spyware atau pengintai.

TikTok sedang berada di puncak kejayaan sebagai aplikasi video pendek yang paling digemari sejagat. Tak heran banyak orang yang kini memainkannya, baik muda maupun tua.

Tapi kini sebaiknya Anda mulai lebih berhati-hati, karena ada ditemukan aplikasi TikTok palsu bernama ‘TikTok Pro’ yang beredar di Internet. Aplikasi abal-abal ini berisi spyware atau pengintai berbahaya.

Dikutip Telset.id dari Gizchina, aplikasi TikTok palsu ini berhasil terpantau oleh peneliti dari perusahaan keamanan ZScaler, Shivang Desai. Di dalam blognya, Desai menjelaskan bahwa setelah selesai proses instalasi, spyware tersebut akan menyamarkan dirinya dengan nama TikTok Pro.

“Setelah proses install dan pengguna membuka aplikasi, spyware akan memberikan notifikasi palsu dan ikon aplikasi menghilang,” jelas Desai, seperti dikutip Telset.ud dari Mirror, Selasa (15/9/2020).

Notifikasi Palsu

Menurut Desai, para pelaku menggunakan taktik notifikasi palsu untuk mengalihkan perhatian pengguna, sementara aplikasi menyembunyikan dirinya sendiri. Dengan begitu, pengguna tidak curiga ada yang tak beres dengan aplikasi tersebut.

Bahayanya, setelah aplikasi yang sudah disusupi spyware itu diinstal, maka dengan cepat aplikasi TikTok palsu tersebut dapat melakukan sejumlah serangan berbahaya, sesuai keinginan para peretas.

Seperti misalnya mencuri pesan SMS, mengirim pesan SMS, memantau lokasi/keberadaan pengguna, mencuri foto di galery, menelepon tanpa izin, dan mencuri kredensial akun Facebook.

Desai mengingatkan aplikasi berbahaya ini akan sangat dengan mudah menyebar ke perangkat Android. Para hacker ini mengintai para pengguna Android yang kini jumlahnya sangat banyak, yang berpotensi menjadi korban serangan.

Cara Temukan dan Mencegah Aplikasi Palsu

Jika melihat taktik yang digunakan para pelaku, maka Anda diharapkan lebih waspada saat mengunduh aplikasi apa pun dari internet. Karena akan sangat mudah korban tertipu oleh serangan yang dilakukan para penjahat cyber ini.

Kami anjurkan untuk selalu menginstal aplikasi dari Google Play Store yang sudah terverifikasi. Selain itu jangan pernah mengklik link yang tidak dikenal yang Anda terima lewat iklan, pesan SMS, atau email.

Jika Anda menemukan aplikasi yang menyembunyikan ikon atau logonya, selalu coba cari aplikasi tersebut di pengaturan perangkat.

Caranya, buka Pengaturan > Aplikasi > Cari untuk ikon yang tersembunyi, kemudian cari aplikasi yang bernama TikTok Pro. Cara ini juga bisa Anda lakukan untuk aplikasi lainnya yang terindikasi disusupi spyware. [HBS]

Simak Video Terbaru “Review ASUS Zenbook 13 UX325: Cocok Buat WFH”:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here