telset

Awas, 25% Aplikasi di Google Play Bisa Akses Data Pribadi

Jakarta – Perusahaan security software, Bit9, baru-baru ini melakukan kajian terhadap aplikasi yang tersaji di dalam App Store Android. Yang mengejutkan, ada 25 persen dari aplikasi di dalam Google Play yang mampu mengakses data pribadi tanpa diketahui pemiliknya.

Banyak aplikasi mencurigakan yang ditemukan oleh Bit9. Selain menemukan aplikasi yang mampu melacak data pribadi pengguna. Dan hanya 2 persen aplikasi yang berasal dari publisher yang terpercaya.

Seperti dikutip telsetNews dari Mashable, Senin (12/11), sekitar 42 persen aplikasi mampu melacak data lokasi dan 31 persen melacak nomor telepon pengguna aplikasi dari App Store Android.

“Lebih dari seperempat aplikasi yang ada di Google play store bisa mengakses email dan contact tanpa sepengetahuan user. Hal yang mengkhawatirkan bila device digunakan di tempat kerja,” ujar Harry Sverdlove, Chief Technology Officer, Bit9.

Hal ini tentu saja bagi pengguna smartphone Android kini harus lebih hati-hati dalam mengunduh aplikasi dari marketplace. Pastikan bahwa publisher dari aplikasi yang Anda unduh adalah publisher yang terpercaya. [lkh/hbs]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0