Asyik! Google Bisa Sulap Foto Lawas Jadi Berwarna

Telset.id, Jakarta – Ada kabar bagus untuk anda penggemar fotografi sejarah yang menampilkan foto-foto lawas hitam putih. Tak lama lagi, Google Foto bisa menyulap foto usang tersebut menjadi kekinian dengan menampilkan suasanya dalam warna sebenarnya.

Menurut Cnet, kemampuan menyulap foto hitam putih jadi berwarna adalah salah satu fitur yang didukung kecerdasan buatan (AI) di Google Foto. Selain itu, dalam acara Google I/O Selasa lalu, perusahaan asal Paman Sam ini juga mengungkapkan platform AI tersebut untuk menyimpan dan mengirim gambar.

CEO perusahaan Sundar Pichai menjelaskan mengenai semua cara yang berbeda dilakukan AI untuk membantu meningatkan kualitas produknya. Contohnya adalah Smart Actions, yakni fitur-fitur baru yang dirancang untuk membuat dokumen pemindaian dan mengirim gambar dengan jauh lebih efisien.

Dia mngatakan, AI dapat mendeteksi jika foto terlalu gelap atau jika warna bisa lebih hidup dalam gambar. Perubahan ini tidak otomatis karena sistem AI hanya sekedar memberikan saran jika ingin mengubah foto yang sudah ada.

“Jika Anda memiliki gambar lucu anak Anda, kami bisa membuatnya lebih baik. Kami bisa membuat warna dan membuat anak itu lebih manis,” kata Pichai, pada konferensi pengembang tahunannya (Google I/O).

Salah satu fitur yang mendapat sambutan paling meriah adalah mengkonversi dokumen ke file PDF secara otomatis. Jika Anda mengambil foto dokumen apa pun di Google Foto, maka akan dapat mengonversinya dengan AI.

“Tindakan yang disarankan ini didukung oleh pembelajaran mesin (machine learning), yang berarti Anda hanya melihatnya pada foto yang relevan. Anda dapat dengan mudah mengetuk saran untuk menyelesaikan tindakan,” imbuh Insinyur Perangkat Lunak Google Foto Nan Wang dalam posting blog resminya.

Baca juga: Di Singapura, Booking Restoran Bisa via Google

Selain mampu mereproduksi ulang foto yang awalnya diunggah dalam warna hitam dan putih, AI google juga dapat menangkap teman-teman dalam gambar dengan pengenalan wajah. Selain itu fitur ini menawarkan untuk mengirim gambar kepada mereka, supaya bisa lebih mudah berbagi.

Walaupun sangat menarik untuk dicoba, namun Anda harus bersabar dulu karena menurut Pichai fitur Google Foto ini baru akan tersedia dalam beberapa bulan mendatang.

Sumber: Cnet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here