Asus & Vivo Catat Pertumbuhan Paling Cepat

Asus Zenfone 2 storeJAKARTA – Tahun 2015 menjadi tahun yang penting bagi industri smartphone. Para pemain besar, seperti Samsung, HTC dan Sony, terus berjuang untuk membangun kembali profitabilitas mereka. Sementara India telah dengan cepat menjadi salah satu pasar yang paling kompetitif di dunia.

Laporan terbaru Counterpoint Research menggambarkan bagaimana peta pasar smartphone dunia sepanjang kuartal kedua 2015. Secara global, jumlah pengiriman smartphone terjadi kenaikan, dan pertumbuhan adopsi LTE mengalami kenaikan yang signifikan.

Setengah dari semua handset yang dikirim tahun ini sudah mengadopsi jaringan LTE, dengan China tercatat sebagai negara yang mengalami peningkatan empat kali lipat dan India tumbuh 12 kali lipat dalam pengiriman ponsel LTE di tahun ini.

Counterpoint Research Global share Q2 2015

Dalam hal pangsa pasar, Samsung masih tetap menjadi yang terdepan di pasar smartphone global, meskipun pada tahun ini pendapatan dan keuntungan yang mereka kantongi terus mengalami penurunan. Raksasa elektronik asal Korea ini masih mengusai 21% pasar smartphone global, diikuti Apple di posisi kedua dengan 14% pangsa pasar.

Huawei telah menjadi salah satu kuda hitam yang sukses dalam dua belas bulan terakhir, dan membuat perusahaan asal Tiongkok ini duduk nyaman di tempat ketiga dengan menguasai pangsa pasar sebesar 9%. Selanjutnya di posisi keempat dan kelima dikuasai Xiaomi dan ZTE dengan masing-masing mengantongi 5%.

Counterpoint Research share by region Q2

Yang menarik, meskipun sepanjang tahun merek seperti Huawei dan Xiaomi lebih banyak menyedot pemberitaan di media dan berhasil meningkatkan market share, namun sebenarnya Asus merupakan brand smartphone dengan tingkat pertumbuhan paling pesat selama 2015.

Asus berhasil mencatat peningkatan volume pengiriman hingga 500% atau 5x lipat jika dibandingkan dengan tahun lalu. Smartphone Zenfone 2 memiliki andil besar dalam pencapaian tersebut, dimana Zenfone 2 menjadi smartphone paling populer di sejumlah pasar dunia.

Next

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI