Astronom Temukan 100 Planet Kecil di Tepi Tata Surya

 Telset.id, Jakarta  – Para astronom menemukan lebih dari 100 planet kecil di tepi tata surya. Mereka bekerja dengan data yang dikumpulkan selama Survei Energi Gelap untuk mengidentifikasi 316 planet kecil dan 139 planet tidak diketahui.

Penemuan 100 planet kecil tersebut dilakukan menggunakan teknik baru untuk menganalisis data lama.

Survei Energi Gelap sebenarnya berjalan antara Agustus 2013 dan Januari 2019. Tujuannya untuk memetakan energi gelap di langit selatan.

{Baca juga: Astronom Temukan Planet Ekstrasurya Super Panas, Penuh Hujan Besi}

Ternyata, pemetaan memberikan lebih banyak data. Perluasan alam semesta kemungkinan dipengaruhi oleh energi gelap sehingga survei fokus mencari hal-hal seperti kluster galaksi dan supernova untuk menghitung kecepatan ekspansi.

Menurut laporan New York Post, seperti dikutip Telset.id, Minggu (15/3/2020), kedalaman dan ketepatan survei terbukti cukup bermanfaat untuk mendeteksi planet kecil. Planet minor mencakup hal-hal seperti asteroid dan planet kerdil.

Para ilmuwan sekarang mengklaim ada banyak planet kecil di luar Neptunus. Mereka belum terlihat sampai sekarang karena objek trans-Neptunus sangatlah kecil. Wilayah tempat mereka berbaring pun sangat gelap dan berjarak cukup jauh.

Tujuh objek trans-Neptunus yang baru ditemukan disebut sebagai TNO ekstrem. Mereka bisa menjadi objek tata surya paling jauh yang pernah ada. Metode tepat memungkinkan ilmuwan untuk mengurangi 7 miliar titik data ke 316 planet kecil.

{Baca juga: Mahasiswa Astronomi Ini Berhasil Temukan 17 Planet Baru}

Mereka berencana untuk menggunakan metode serupa kepada lebih banyak data pada masa depan. Ada harapan bahwa metode seperti itu dapat membantu para peneliti menemukan bukti untuk Planet Sembilan  atau biasa disebut planet hipotetis.

Sebelumnya, seorang mahasiswi astronomi di Universitas British Columbia bernama Michelle Kunimoto juga berhasil menemukan 17 planet baru.

Kunimoto, seorang kandidat PhD, seperti dilaporkan New York Post, adalah penulis utama sebuah makalah baru yang diterbitkan dalam The Astronomical Journal yang menggambarkan 17 planet baru dengan detail kasar. Satu di antaranya berukuran kira-kira sebesar Bumi. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI