Astronom Deteksi Sinyal Misterius dari Luar Angkasa

Telset.id, Jakarta – Para astronom mendeteksi sinyal misterius dari luar angkasa. Sinyal tersebut merupakan Fast Radio Bursts atau FRB, yang kemudian dikenal sebagai sinyal ruang dengan kode 180916.J0158 + 65.

Selama ini, Fast Radio Bursts merupakan keajaiban yang muncul dalam sekejap dan kemudian tidak pernah terdengar lagi. Hanya sinyal misterius FRB 121102 saja yang terkenal karena berulang kali muncul.

{Baca juga: Dua Lubang Hitam Supermasif “Nangkring” di Bima Sakti?}

Para peneliti telah mempelajarinya selama beberapa waktu. Sekarang, FRB berulang baru muncul di radar para ilmuwan dan berasal dari sumber yang tidak terlalu jauh dari galaksi kita.

FRB 180916.J0158 + 65 telah dilacak ke galaksi yang berada kira-kira setengah miliar tahun cahaya dari Bumi. Penemuan itu menjadi subjek dari makalah baru yang diterbitkan di Nature.

“FRB adalah yang paling dekat yang pernah dilihat. Kami bahkan berspekulasi bahwa hal tersebut bisa menjadi objek yang lebih konvensional di pinggiran galaksi,” kata penulis Mohit Bhardwaj.

{Baca juga: Ilmuwan Temukan Lubang Hitam Monster di Galaksi Bima Sakti}

Menurut New York Post, seperti dikutip Telset.id, Kamis (09/01/2020), sebenarnya menentukan kepastian di mana tempat pertama FRB adalah hal yang sulit. Ada sejumlah teori yang mendukung.

Satu di antaranya adalah energi yang dilemparkan ke ruang angkasa ketika lubang hitam merobek benda besar. Namun demikian, ada kemungkinan penemuan lain terkait FRB baru di dekat Bumi. (SN/MF)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0