AS Bikin Pendapatan Huawei Jeblok Jauh dari Harapan

Telset.id, Jakarta  – Huawei memprediksi pendapatan selama 2019 kemungkinan akan melonjak 18 persen menjadi USD 121,72 miliar atau sekitar Rp 1.692 triliun. Angka tersebut memperlihatkan pendapatan Huawei jeblok, dan jauh lebih rendah dari proyeksi.

Ada alasan kuat kenapa pendapatan Huawei jeblok sepanjang tahun lalu tak sesuai ekspektasi. Penyebabnya adalah keputusan Amerika Serikat (AS) memasukkan Huawei dalam daftar hitam perdagangan.

{Baca juga: Huawei Fokus “Bertahan Hidup” di Tahun 2020}

Kebijakan AS benar-benar menghambat pertumbuhan dan mengganggu kemampuan Huawei untuk mendapatkan bisnis-bisnis penting. Huawei tidak bisa bekerja sama dengan perusahaan AS, termasuk Google.

Kebijakan AS yang paling memukul Huawei adalah embargo kerja sama dengan Google terkait pemakaian sistem operasi Android. AS menuduh perangkat buatan Huawei digunakan oleh China untuk spionase.

Ketua Huawei, Eric Xu, mengungkapkannya melalui pesan Tahun Baru kepada karyawan dan pelanggan. Bahkan, menurut Reuters, ia memperkirakan bahwa 2020 merupakan tahun yang sulit bagi Huawei.

“Perkiraan pertumbuhan pendapatan 18 persen pada 2019 lebih sedikit ketimbang 2018. Pada 2018 lalu, pendapatan tahunan Huawei meningkat 19,5 persen. Tekanan eksternal menjadi lebih rumit,” tambah Eric Xu.

{Baca juga: Setahun Bos Huawei Dipenjara, Akhirnya Menang Sidang}

Ia juga mengatakan bahwa Huawei telah mengirim 240 juta smartphone pada 2019, naik 20 persen ketimbang 2018. Huawei mendapat keuntungan dari penjualan smartphone yang diluncurkan sebelum ada larangan.

Sebelumnya, salah satu Eksekutif Huawei, Eric Xu menuliskan pesan Tahun Baru untuk para karyawan. Ia mengatakan di tahun 2020 ini perusahaan akan fokus “bertahan hidup”. Eric Xu menuliskan pesan Tahun Baru untuk para karyawan.

Dalam pesan tersebut, ia mengingatkan bahwa kemungkinan perusahaan tidak akan tumbuh secepat yang terjadi pada paruh pertama 2019. [SN/HBS]

Sumber: Reuters

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI