telset

ARM Perkenalkan Chip Terbaru, Cortex A50

Jakarta – Produsen chip, ARM mengenalkan chipset terbarunya, Cortex A50. ARM menjanjikan akan ada kecepatan tiga kali lebih cepat dari mobile chip yang ada sekarang. Dan pastinya, lewat chipset terbarunya, konsumsi daya akan dipangkas habis.

Namun sayangnya chipset ARM tersebut tidak akan tersedia dalam waktu dekat. Sebab ARM menyebutkan bahwa chip itu baru akan tersedia untuk perusahaan di tahun 2014 nanti. Dengan chipset tersebut, ARM mengindikasikan akan ada perbaikan performance dari multi threading dengan model 64 bit.

Chipset diperkuat dengan transistor model 20 nm. Dan tentu saja, chipset ini merupakan teknologi baru yang membawa transformasi dari chip 32 bit ke 64 bit. Itu artinya, di masa depan, pembaca akan menemukan perangkat dengan 64 bit, bukan 32 bit lagi.

Pastinya, penambahan ukuran RAM juga akan terjadi. Jika saat ini pembaca masih melihat kebanyakan perangkat mobile memiliki RAM paling besar 2 GB, di masa depan bisa saja 4 GB ataupun 8 GB. Spesifikasi canggih tersebut, pastinya juga membutuhkan sistem operasi yang lebih kompleks.

Dari seri chipset Cortex A50, terdapat dua model, yakni ARM Cortex A53 dan ARM Cortex A57.  Untuk ARM Cortex A57 diperuntukkan untuk perangkat yang memiliki performa tinggi. Sementara itu, Cortex A53 akan memiliki kekuatan komputasi yang sama seperti Cortex A9.

Tapi yang membedakan adalah ukurannya yang lebih kecil dan konsumsi daya lebih hemat hingga seperlima kali. Demikian dikutip dari Engadget, Rabu (31/10). [tsn/hbs]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0