Apple Umumkan iOS 9 di WWDC 2015

WWDC 2015

Tim Cook di WWDC 2015JAKARTA – Ajang Worldwide Developer Conference (WWDC) 2015 akhirnya resmi dibuka pada hari ini, Selasa (9/6/2015) di Amerika Serikat. Dalam ajang tahunan tersebut, Apple mengumumkan sejumlah produk barunya, termasuk sistem operasi mobile iOS 9.

Apple akhirnya mengumumkan sistem operasi terbaru untuk iPhone dan iPad di ajang Worldwide Developer Conference (WWDC) 2015. Apa saja fitur baru yang jadi andalan di iOS 9 ini?

“Siri telah digunakan miliaran kali setiap tahunnya, dan hanya 5% yang mengalami kegagalan kata. Kami ingin membuat Siri lebih pintar tanpa melanggar privasi,” ujar Vice President of Software Engineering Apple, Craig Federighi di depan ribuan developer yang hadir dalam acara pembukaan WWDC 2015..

Federighi mengklaim bahwa asisten digital Siri versi terbaru ini tidak hanya sekedar menawarkan tampilan yang baru, tapi juga sekarang perintah Siri telah dibuat semakin pintar.

Apple memberi nama Proactive untuk Siri barunya. Beberapa kemampuan baru yang disematkan pada Siri Proactive memiliki kemiripan dengan yang dimiliki Google Now. Seperti misalnya fitur pengingat agenda dan laporan trafik lalu lintas.

Siri akan melacak waktu dalam hitungan hari, lokasi, dan menyambungkan perangkat-perangkat. Kini dengan Siri Anda bisa mencolokkan headphone dengan satu perintah, misal “buka music player.”

Siri juga mengatur email dan catatan-catatan penting lainnya. Selain itu, Anda juga akan dibantu untuk menghindari jalan-jalan yang macet berat supaya bisa sampai ke kantor tepat waktu.

Siri Proactive juga mampu menelusuri kotak pesan Anda sehingga mampu memberikan dugaan misalnya ada telpon dari nomor yang belum disimpan di dalam buku kontak.

Selain Siri versi baru, Apple juga menerangkan fitur Notes di iOS 9 yang kini mendapat kemampuan baru. Notes di iOS 9 tidak hanya berguna untuk menuliskan catatan penting, tapi juga bisa digunakan untuk menggambar, sama seperti S-Pen di Galaxy Note.

Begitupun untuk aplikasi pemetaan Apple Maps mendapat pembaruan dengan update petunjuk arah yang lebih detail dalam memberikan gambaran peta dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

Apple juga membuat iPad kini lebih keren dengan kemampuan multitasking. Para pengguna iPad dengan iOS 9 saat membuka browser dengan men-tap dua kali tombol Home akan bisa mendapati tab aplikasi lain di sampingnya. Dengan begitu pengguna dapat mengerjakan dua pekerjaan sekaligus, browsing sambil chatting.

Masih ada beberapa fitur-fitur baru yang dibawa iOS 9. TelsetNews akan melaporkannya dalam artikel selanjutnya dengan lebih detail. [HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here