telset

Apple Segera Akhiri Kisruh ‘iPhone Brasil’

iPhone versi Gradiente
iPhone versi Gradiente

Jakarta – Apple akhirnya “menyerah” terkait kasus sengketa penggunaan merek iPhone di Brasil. Apple dan IGB Electronica, pemegang merek iPhone di Brasil, dikabarkan telah mencapai kata sepakat soal penggunaan merek dagang iPhone di Brasil.

Menurut laporan surat kabar setempat Folha de Sao Paulo, pihak Apple maupun IGB Eletronica yang diwakili Gradiente setuju untuk mengakhiri kasus ini dan diperkirakan akan melakukan kesepakatan tertentu.

Sebuah sumber yang tidak diketahui identitasnya menyebutkan bahwa kedua perusahaan tersebut kini hampir mencapai kata sepakat dimana Apple kemungkinan akan memiliki kesempatan untuk membeli trademark tersebut, atau setidaknya memiliki lisensi eksklusif.

Kasus ini berawal saat Gradiente yang merupakan anak perusahaan IGB Eletronica telah mengantongi merek dagang iPhone secara legal di Brasil sejak tahun 2000, jauh sebelum ‘iPhone versi Apple’ lahir.

Namun memang Gradiente baru memproduksi ponsel dengan merek iPhone pada tahun 2012. Uniknya, ponsel iPhone versi Gradiente itu menggunakan sistem operasi Android yang menjadi rival Apple.

Apple lantas menyatakan keberatan ke pengadilan karena menganggap perusahaan asal Brasil tersebut baru mengeluarkan perangkat smartphone dengan nama iPhone setelah sekian lama mengantongi lisensinya.

Keberatan yang diajukan Apple itu akhirnya ditolak oleh pengadilan Brasil. Akibat dari kekalahaan ini, Apple tak bisa menggunakan nama iPhone untuk memasarkan perangkat smartphone-nya di Brasil.[hbs]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0