Apple Resmi Umumkan iOS 8, dengan Notifikasi Interaktif, QuickType, iCloud Photo Library, Messages, Spotlight, dll

Banner iOS 8 di WWDC 2014Jakarta – Berbarengan dengan berlangsungnya perhelatan Worldwide Developer Conference (WWDC) 2014, Apple memperkenalkan system operasi terbarunya, iOS 8 yang membawa fitur-fitur baru.

iOS 8 hadir dengan membawa berbagai fitur baru dan perbaikan atas sistem operasi iDevices sebelumnya. Apple menyebut iOS 8 sebagai rilis terbesar sejak peluncuran App Store.

Sistem operasi terbaru Apple ini memiliki antarmuka pengguna yang lebih sederhana, lebih cepat dan lebih intuitif. Ada iCloud Photo Library untuk penyimpanan gambar multiperangkat, fitur Message untuk berbagi dokumen suara, video, maupun foto.

Apple juga melengkapi iOS 8 dengan papan ketik QuickType yang baru, Family Sharing untuk berbagi foto, kalender, hingga pembelian (aplikasi) bersama keluarga yang bisa disimpan di iCloud Drive untuk kemudahan akses melalui icloud.com yang bisa diakses melalui Mac, iPhone, iPad, bahkan perangkat berbasis Windows.

Pada fitur Health juga mendapat banyak perbaikan. Ada aplikasi Nike+ dengan NikeFuel yang dapat mengakses HealthKit untuk membangun pola hidup sehat penggunanya.

Raksasa Cupertino ini juha meningkatkan keamanan bagi pengguna enterprise dan beberapa fitur tambahan untuk perusahaan.

Yang paling menarik yang dibawa iOS 8 adalah perbaikan desain, salah satunya pengguna kini bisa melakukan interaksi pada notifikasi yang muncul, tanpa perlu membuka aplikasi yang bersangkutan.

Dalam demo di acara tersebut, pesan teks yang muncul di atas layar bisa langsung dibalas dengan menarik notifikasi itu ke bawah.

Apple juga memberi peningkatan kemampuan Spotlight, hingga kemudahan untuk bekerja secara terintegrasi antara iPhone, iPad, dan Mac termasuk melalui Instant Hotspot dan kemampuan untuk melakukan dan menerima panggilan serta mengirim dan membaca SMS melalui Mac atau iPad.

Messages di iOS 8

Aplikasi Message untuk iOS 8 pun diperbarui oleh Apple agar memiliki fitur yang biasanya hanya dimiliki aplikasi pesan instan seperti WhatsApp. Salah satunya adalah Group Messaging yang kini bisa diberi judul layaknya grup di WhatsApp.

Secara umum, perubahan pada iOS 8 berupa penambahan fitur yang diharapkan akan berguna bagi pemakai iPhone dan iPad. Sedangkan iOS 7, yang muncul tahun lalu, lebih dominan pada perubahan desain.

Software iOS 8 beta termasuk software pengembangan aplikasinya sudah bisa diunduh oleh developer, sementara pengguna mulai bisa mendapatkan pada di musim gugur atau sekitar bulan September untuk iPhone 4s, iPhone 5, iPhone 5c, iPhone 5s, iPod touch generasi 5, iPad 2, iPad Retina, iPad Air, iPad mini, dan iPad mini Retina.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0