telset

Apple Resmi Meluncurkan iPhone 5

San Francisco – Rasa penasaran orang akan iPhone generasi terbaru kini telah terjawab. Apple telah secara resmi mengumumkan kehadiran perangkat smartphone-nya itu dengan nama iPhone 5. Beberapa penambahan fitur dengan teknologi termutakhir disematkan pada smartphone tersebut.

Seperti yang sudah diprediksi banyak pengamat dalam beberapa bulan terakhir, iPhone 5 akhirnya memang hadir dengan memberikan sebagian besar penambahan kemampuan seperti yang diharapkan para pengamat.

Smartphone yang diklaim memiliki desain sangat elegan dan merupakan yang tertipis di dunia ini memiliki bahan dasar kaca dan alumunium dengan ketebalan hanya 7,6mm dan berat 112 gram atau 20 persen lebih ringan dari pendahulunya.

Apple Vice President of Worldwide Marketing, Phil Schiller mengatakan sangat bangga dengan iPhone generasi terbaru ini, karena merupakan produk yang paling indah yang pernah dibuat Apple.

“iPhone 5 adalah produk yang paling indah yang pernah kami buat,” ujar Schiller saat memperkenalkan iPhone 5, seperti dikutip telsetNews dari CNET, Rabu (12/9).

Salah satu penambahan terbesar adalah layar barunya yang berukuran 4 inch, dengan resolusi 1136x 640 atau 326 pi,  Retina Display. Dan aspek rasio layar 16:9, memungkinkan homescreen smartphone ini dapat menampilkan 5 baris ikon aplikasi. Pada generasi iPhone sebelumnya hanya menampilkan 4 baris ikon aplikasi.

Dan seperti sudah diperkirakan sebelumnya, iPhone 5 berjalan di jaringan 4G/ LTE. Ponsel ini akan kompatibel dengan jaringan LTE di operator AT&T, Verizon dan Sprint. Selain itu ada juga jaringan LTE global seperti, Virgin di Kanada, Singtel (Singapura), Telstra (Australia), dan Deutsche Telekom di Eropa.

Untuk mesinnya, iPhone 5 telah ditanamkan prosesor terbaru Apple A6. Chip yang ditanamkan ini 22% lebih kecil dari prosesor A5 yang digunakan iPhone 4S. Prosesor A6 ini memberikan peningkatan kemampuan proses data dan grafis yang diklaim dua kali lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.

Apple juga menjanjikan baterai yang lebih kuat di iPhone 5 dengan mengklaim akan memberikan 8 jam waktu bicara di jaringan 3G dan 8 jam browsing di LTE. Pada saat standby, perangkat ini mampu bertahan 225 jam.

Kamera iPhone 5 juga mendapat upgrade, dengan memakai kamera berkekuatan 8 megapiksel dengan bukaan sebesar f/2.4. Apple juga menambahkan fitur panorama untuk menangkap gambar besar di layar lebar.

Pada sisi depan, iPhone 5 memiliki kamera kedua dengan resolusi 1,3 MP yang dapat merekam video dengan kualitas HD. Kamera ini dapat difungsikan untuk video call melalui jaringan 3G atau 4G operator (native video call) atau melalui FaceTime atau aplikasi IM lainnya seperti Skype.

Dan seperti yang sudah diduga sebelumnya, kamera iPhone 5 juga mendukung video capture. Apple mengatakan bahwa iPhone 5 bisa merekam video berkualitas tinggi dengan kualitas 1080p dan deteksi wajah hingga 10 orang.

Hal baru lainnya adalah terdapat kabel dock connector yang baru dengan 8 pin. Konektor ini lebih kecil sekitar 80% dibandingkan tipe konektor model sebelumnya.

iPhone baru juga mencakup perbaikan untuk panggilan suara. Dimana perangkat ini sekarang dilengkapi dengan tiga mikrofon terpisah, yakni di bagian depan, bawah dan di bagian belakang. Apple mengatakan, adanya beberapa mic ini akan membantu kinerja Siri. Lubang suara ini dilengkapi peredam suara dengan menggunakan teknologi “Wideband Audio”, sehingga membuat panggilan suara lebih alami.

Untuk sistem operasinya, iPhone 5 menggunakan iOS 6 yang adalah merupakan versi terbaru buatan Apple. Pada seri terbarunya ini, iPhone tetap hadir dengan dua pilihan warna yang masih sama seperti versi-versi sebelumnya, yakni hitam dan putih.

Untuk harganya, Apple membanderolnya sama dengan pendahulunya, yakni USD 199 untuk kapasitas 16GB, USD299 (32GB), USD399 (64GB) dengan kontrak dua tahun. Pre-order mulai dibuka tanggal 14 September.

Dan pada tanggal 21 September, iPhone 5 mulai akan dijual di Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Inggris, Jerman, Perancis, Australia, Hong Kong dan Singapura.  Dan pada Desember, Apple akan mendistribusikan iPhone 5 ke 240 operator di 100 negara.[hbs]

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0