Apple Patenkan Teknologi Tangkap Pencuri iPhone

Telset.id, Jakarta – Paten baru dari Apple mengungkap tentang teknologi sistem keamanan baru yang memungkinkan perangkat iOS di masa depan dapat menangkap pencuri iPhone.

Fitur baru yang diberi nama Capturing Biometric Information for Identifying Unauthorized Users’ ini memungkinkan perangkat iOS bisa merekam foto dan video secara otomatis, dan juga mencatat sidik jari pencuri iPhone yang menyentuh sensor Touch ID.

Paten tersebut menjelaskan bahwa cara ini akan langsung berjalan secara otomatis setiap kali sistem mencatat upaya membuka kunci iPhone yang gagal secara berulangkali, atau saat pencuri iPhone mengaktifkan fitur perlindungan via Find My iPhone lewat perangkat lain.

Selain itu, teknologi ini juga dapat mencatat beberapa informasi data biometris lainnya, seperti waktu, lokasi perangkat, kecepatan, tekanan udara, data audio, yang semuanya akan dikirim ke server Apple.

Apple sebenarnya sudah menambahkan sistem keamanan di iPhone dan iPad lewat fitur Find My iPhone, yang dapat melacak posisi perangkat yang hilang atau dicuri. Tapi rupanya sistem pengamanan ini masih belum efektif untuk dapat menangkap para pencuri.

Teknologi baru yang dikembangkan Apple ini sepertinya cukup menjanjikan, karena akan membuat para pencuri yang coba membuka iPhone curiannya bisa terekam. Tapi cara ini bukan tidak ada masalah.

Bisa Anda bayangkan, bagaimana jika seandainya yang mengutak-atik adalah anak-anak yang tidak sengaja telah mengaktifkan sistem pengamanan di iPhone tersebut.

Tapi terlepas dari masalah itu, Apple setidaknya sudah mendapatkan cara baru untuk dapat menjerat para maling iPhone. Namun harus diingat, teknologi ini masih berupa konsep paten, yang berarti masih butuh waktu untuk dikembangkan menjadi sebuah produk yang siap pakai. [HBS]

 

 

Source9to5mac

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -