telset
spot_img

Apple Patenkan Teknologi Baru Wireless Charging

Jakarta – Apple berencana akan mematenkan teknologi Wireless Charging hasil pengembangan terbarunya. Perangkat isi ulang baterai ponsel ini diklaim menerapkan teknologi yang sedikit berbeda dengan yang ada selama ini.

Teknologi Wireless Charging memang sudah ada sejak tahun 2009 dan mulai digunakan oleh beberapa vendor ponsel. Yang terbaru dipakai oleh Nokia pada ponsel seri Lumia 920.

Pada teknologi wireless charging yang telah digunakan selama ini, pengguna tidak perlu mencolokkan ponsel dengan kabel charger, karena cukup hanya menaruhnya pada media khusus agar bisa melakukan pengisian baterai.

Cara pengisian baterai dengan menggunakan teknologi ini dinilai masih tidak terlalu berbeda dengan cara lama, karena perangkat ponsel dan charger masih harus bersentuhan agar baterai bisa terisi kembali.

Dikutip telsetNews dari CNET, Minggu (02/12), Apple melaporkan telah berhasil mengembangkan teknologi wireless charging yang sedikit berbeda dengan yang ada selama ini. Karena perangkat charger bisa melakukan pengisian beterai dari jarak 1 meter tanpa harus bersentuhan dengan ponsel.

Dalam diagram yang ada di dalam lembar pengajuan paten Apple, diperlihatkan bagaimana cara kerja teknologi hasil temuan mereka. Dalam gambar terlihat teknologi wireless charging itu digunakan untuk mengisi ulang baterai mouse dan keyboard iMac.

Prinsip kerja teknologi charging yang akan dipatenkan Apple ini adalah dengan memanfaatkan sumber listrik yang ada pada perangkat Near Field Magnetic Resonance (NFMR).

Perangkat inilah yang akan memancarkan energi ke perangkat yang memiliki sirkuit resonator NFMR. Dengan sistem itu maka bisa menciptakan area energi pada radius tertentu.[hbs]

Diagram teknologi wireless charging versi Apple:

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0