Apple Menangkan Gugatan Hak Paten Nokia

Jakarta – Persaingan sengit antar dua vendor ponsel raksasa dunia, Nokia dan Apple semakin memanas, menyusul keputusan pengadilan yang memenangkan Apple atas gugatan yang diajukan Nokia lewat International Trade Commission (ITC).

Seperti dilansir Reuters yang dikutip Telsetnews, Minggu (27/3), pada pengadilan yang dipimpin hakim James Gildea di Washington, Amerika Serikat (AS) itu, Apple dinyatakan tidak melanggar lima hak paten yang digugat Nokia. Dan dengan keputusan itu, Apple dinyatakan berhak menggunakan kelima hak paten tersebut.

Namun pengadilan ITC masih memberikan kesempatan enam anggota komisi untuk meninjau ulang keputusan hakim Gildea itu dalam 60 hari ke depan. Apabila nantinya anggota komisi ITC itu menemukan Apple telah melanggar hak paten Nokia, maka komisi berhak melarang impor produk Apple ke AS

Pihak Nokia sendiri melalui juru bicaranya, Laurie Armstrong, menyatakan ketidak puasannya atas keputusan tersebut. “Kami tidak sependapat jika pengadilan menyatakan tidak terjadi pelanggaran hak paten. Tapi saat ini kami belum bisa memutuskan langkah selanjutnya, karena kami harus melihat rinciannya terlebih dahulu, kata Armstrong.

Sementara menanggapi keputusan itu, Kristin Huguet, juru bicara Apple mengatakan, belum akan berkomentar. Pihak Apple menyebutkan, alasan hakim memenangkan Apple dalam kasus gugatan ini akan dipublikasikan setelah kedua belah pihak memiliki kesempatan untuk menjelaskan tentang bisnis mereka.

Seperti diketahui, Nokia telah melayangkan gugatan pelanggaran hak paten kepada Apple sejak Oktober 2009 lalu. Dalam gugatannya, Nokia menuduh perusahaan yang digawangi Steve Jobs itu telah melanggar 10 hak patennya dan menuntut royalti atas penjualan iPhone yang telah terjual jutaan unit sejak pertama kali dirilis tahun 2007.

Nokia menuding, Apple telah menggunakan teknologi ciptaannya, yang mereka sebut  sebagai ‘pioneering innovation’. Hak paten yang diklaim Nokia yakni kamera, teknologi baterai, layar sentuh, speaker dan messaging. Dituding mencaplok hak paten Nokia, Apple tak tinggal diam dan balik menuntut Nokia.

Dikabarkan, Hakim ITC yang berbeda dalam komisi yang juga menangani kasus ini, Charles Bullock, dijadwalkan segera memgumumkan hasil temuannya pada 24 Juni 2011 mendatang. [hbs]{jcomments on}

Previous articlePrinsip Open Source Tak Berlaku pada Honeycomb
Next articleGrand Celular Expo 2011

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here