telset

Apple Masih Kuasai Pasar Smartphone di AS

Galaxy S III dan iPhone 5
Galaxy S III dan iPhone 5

Jakarta – Apple sepertinya sedang mendapat ‘angin segar’ dari hasil laporan beberapa lembaga survey. Jika sebelumnya Raymond James menyebutkan penjualan iPhone masih diatas Samsung Galaxy, kini Kantar Worldpanel Comtech merilis hasil survey-nya yang menempatkan Apple sebagai ‘penguasa’ pasar smartphone di AS.

Dalam laporannya Kantar Worldpanel Comtech menunjukkan bahwa Apple tidak seperti yang banyak diberitakan selama ini sebagai perusahaan yang sedang mengalami penurunan, dan kalah bersaing dengan Android.

Hingga akhir tahun 2012, Apple iPhone menguasai 51,2% pangsa pasar smartphone di AS, atau naik dibanding tahun sebelumnya yang 44,9%. Sementara Android menguasai 44,8%, atau turun 4 poin dibanding tahun sebelumnya.

Penurunan tajam juga dialami BlackBerry, dimana pada pada tahun 2011 mencatat 6,1% pangsa pasar, turun menjadi 1,1% di tahun 2012. Pendatang baru, Windows Phone mencatat hasil positif dengan peningkatan dari 2,2% menjadi 2,6% sepanjang tahun 2012 lalu.

Meningkatnya pangsa pasar iOS di AS ini justru dipengaruhi oleh semakin meningkatnya jumlah pengguna Android yang berpaling ke iOS. Kantar mencatat ada sekitar 19% penjualan perangkat iOS berasal dari pemilik Android. Jumlah pergeseran pasar ini naik 9% dibanding tahun 2011.

Laporan ini diperkuat oleh data yang dikeluarkan Verizon, dimana 49% dari penjualan iOS datang dari pengguna platform lain, 30% diantaranya dari berasal dari pengguna Android.

Verizon juga menyebutkan 58,8% pelanggannya adalah pengguna perangkat iOS pada periode 2012, atau naik 47,4% dari tahun sebelumnya. Sementara pelanggan Verizon yang menggukana perangkat Android turun dari 47,5% di tahun 2011 menjadi 38,5% di tahun 2012.

Hasil lebih ironis dilaporkan AT&T, dimana hanya 6% dari pelanggan AT&T beralih dari Android ke iOS pada 12 minggu terakhir. Menurut operator terbesar kedua di AS ini, 74,7% pelanggannya adalah pengguna iOS, atau naik dibanding tahun sebelumnya dengan 66,7%.

Sementara pelanggan AT&T yang menggunakan Android di tahun 2012 tercatat sebanyak 19,6%, atau turun dari tahun sebelumnya yang mencapai 22,5%. Demikian dikutip dari PhoneArena, Selasa (22/1).

Sementara itu, 35% dari seluruh penjualan iOS selama tiga bulan terakhir adalah upgrade perangkat dari model Apple iPhone sebelumnya.[hbs]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0