Apple M4 Resmi Diluncurkan, Bawa Fabrikasi 3nm dan Fokus ke AI

Telset.id, Jakarta – Hari ini Apple telah menggelar acara yang bernama Let Loose. Di acara ini perusahaan meluncurkan chipset terbarunya, M4 yang membawa peningkatan di bidang AI dan machine learning.

Sekedar informasi, sebenarnya penawaran AI dari Apple ini tidak terlalu mengejutkan, karena sejak tahun lalu berbagai pabrikan yang membuat prosesor terus berlomba menghadirkan AI ke prosesornya. Namun, perbedaan yang dibawa oleh Apple adalah teknologi fabrikasinya yang semakin kecil di 3nm yang menunjukan ini semakin baik.

Menurut laporan Engadget, chipset Apple M4 ini dibangun dnegan prosesor 3nm kedua yang baru. Untuk konfigurasinya sendiri, prosesor ini memiliki CPU 10 core yang terdiri dari 4 core performa dan 6 core efisiensi, serta GPU 10 core.

BACA JUGA:

Untuk performa, raksasa asal Cupertino ini menggambarkan M4 50% lebih kencang dengan M2 dari sisi performa, sedangkan dari sisi GPU chip barunya 4 kali lebih kencang.

Perningkatan juga dilakukan di Bandwidht memori dengan kecapatan penyimpanan 120GB/s dan ini untuk pertama kalinya kecepatan ini hadir di jajaran iPad. Apple juga memberikan dynamic cache, ray tracing lebih kencang, dan mesh-shading lebih kencang.

Tak tanggung-tanggung, Apple juga menegaskan bahwa melalui chip ini perusahaannya mampu mempertahankan efisiensi energi terdepan di kelasnya dengan M4 yang mampu memberikan kinerja yang sama dengan M2 tetapi dengan daya setengahnya.

Apple M4

Selain itu, M4 ini juga dilengkapi dengan neural engine sebanyak 16 core yang ditingkatkan. Neural engine ini mampu mencapai kinerja AI hingga 38 TOPS, yang mana ini 60x  lebih kencang dibandingkan A11 Bionic. Apple menjelaskan bahwa kecepatan AI ini akan berfungsi pada kegiatan editing di Final Cut Pro, dan fitur Live Captions.

Beberapa kemampuan lain dari chip M4 mencakup akselerasi perangkat keras AV1, yang merupakan fitur pertama lainnya di lini iPad terbaru, dan ini mengurangi kebutuhan memori saat melakukan beban kerja berbasis inferensi.

BACA JUGA:

Untuk ketersediaannya, chip M4 ini dipastikan akan hadir untuk pertama kali di iPad Pro model layar 11 inci dan 13 inci terbaru yang juga diumumkan diajang Apple Let Loose. iPad baru ini sudah tersedia dibeli dengan cara pre-order. [FY/IF]

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI