telset

Apple Kuasai 50,4% Pangsa Pasar Tablet Global

Jakarta – Berapa banyak jumlah tablet saat ini di dunia? Menurut laporan lembaga survei, IDC, setidaknya hingga Q3 tahun ini sudah ada 27,8 juta unit tablet yang keluarkan oleh semua vendor perangkat keras.

Dalam laporannya IDC menyebutkan, jika dibandingkan pada kuartal yang sama di tahun lalu, maka terjadi kenaikan hingga 50% dan tumbuh sebesar 6,7% jika dibandingkan dengan kuartal kedua tahun 2012.

Apple masih bercokol ditempat pertama sebagai penjual tablet terbanyak dengan berhasil menjual 14 juta tablet di kuartal ketiga 2012, atau menguasai 50,4% market share. Namun jika dibanding kuartal sebelumnya, market share Apple turun dari 65,5%.

Di tempat kedua ada Samsung yang telah berhasil mengapalkan sebanyak 5,1 juta unit tablet di kuartal ketiga tahun ini, atau dua kali lebih banyak dibandingkan pada kuartal dua. Samsung berhasil mencatat pertumbuhan yang fantastis, yakni sebesar 325% jika dibandingkan kuartal yang sama di tahun lalu.

Pada kuartal ketiga tahun lalu, Samsung tercatat “hanya” berhasil menjual 1,2 juta tablet. Dengan raihan tersebut, Samsung kini menguasai 18,4% marketshare tablet global.

Posisi ketiga ditempati oleh Amazon dengan Kindle Firenya yang berhasil menjual 2,5 juta unit tabletnya sepanjang kuartal ketiga 2012, sehingga kini menguasai pangsa pasar sebesar 9%.

Dan posisi keempat diduduki oleh Asus dengan total pengapalan hingga 2,4 juta unit dengan mengusai market share sebesar 8,6%. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, Asus mengalami lonjakan yang cukup signifikan, yakni mengapalkan 0,7 juta inut dengan market share 3,8%.

Sisanya Lenovo berhasil mengapalkan hingga 0,4 juta perangkat dengan marketshare 1,4 persen, atau hanya naik 0,2 persen dari tahun lalu.[hbs]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0