Apple Klaim iPad Paling Bebas Malware

ilustrasi malware di iOS
ilustrasi malware di iOS

Jakarta – Saling klaim diantara para vendor sudah merupakan hal yang lumrah. Masing-masing merasa produknya yang terbaik, terkuat, tercepat, dan seterusnya. Contohnya Apple, yang mengklaim saat ini hanya iPad satu-satunya perangkat yang bebas malware.

Kedengarannya memang seperti terlalu percaya diri, tapi raksasa dari Cupertino itu mempunyai alasan kenapa perangkat tabletnya itu dikatakan paling aman dari serangan malware atau program-program jahat lainnya.

Pihak Apple coba menjelaskan kenapa produk mereka bisa aman. Alasannya, karena iTunes App Store sangat ketat memilih aplikasi yang akan dipasarkan.

Sebelum dijual, menurut Apple, iTunes yang kini menampung lebih dari 300 ribu aplikasi itu dikuratori oleh para reviewer Apple sendiri. Semuanya aplikasi disesuaikan untuk iPad, baik yang ukuran kecil maupun besar.

Dan agar pengguna terhindar dari serangan malware, semua aplikasi direview langsung oleh Apple. Dengan cara inilah, Apple mengklaim bisa menjamin tak satu pun aplikasi di App Store mengirimkan malware ke perangkat pengguna mereka.

“Pada platform mobile lain, terbuka kemungkinan untuk memiliki banyak opsi. Hal ini akan menimbulkan masalah ketersediaan, keterbatasan developer dan risiko keamanan,” jelas Apple, seperti dikutip telsetNews dari techcrunch, Selasa (2/4).

Walaupun tidak menyebutkannya secara langsung, namun tentu saja kita samua pasti tahu  bahwa yang dimaksud Apple sebagai platform lain itu adalah rival beratnya, Android.

Seperti diketahui, Android merupakan platform yang  bersifat open source, sehingga pengembang hardware maupun software bisa dari banyak vendor. Akibatnya, perangkat tablet atau smartphone Android dianggap paling tidak imun dari serangan malware.

Namun klaim Apple bahwa iPad menjadi satu-satunya perangkat yang bebas dari malware ini bertolak belakang dari hasil penelitian yang dilakukan Sourcefire, lembaga yang menganalisis kerentanan data berdasarkan Common Vulnerabilities and Exposures (CVE) dan National Vulnerability Database (NVD) selama 25 tahun terakhir.

Menurut Sourcefire, platform iOS Apple memiliki tingkat kerentanan keamanan lebih besar dibanding Android, BlackBerry, dan Windows Phone. Bahkan saat ketiga platform ini digabungkan, iOS masih lebih rentan.

Yves Younan, insinyur peneliti senior di Tim Riset Sourcefire mengatakan, bahwa hasil itu “mengejutkan”, terutama karena meskipun Apple terus merilis perbaikan keamanan dengan update setiap CVE terus tumbuh dari tahun ke tahun.

Hasil penelitian itu mengungkapkan, iOS memiliki 210 tingkat kerentanan, sementara Android hanya memiliki 24 kerentanan, Windows memiliki 14 kerentanan, dan BlackBerry memiliki 11 kerentanan.

Menariknya, penelitian ini menemukan jika angka-angka tadi ditotal secara kumulatif sejak tahun 2007, iOS masih memiliki tingkat kerentanan lebih tinggi dibanding Android, yakni 205 kerentanan untuk iOS dan 24 kerentanan di Android.[HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0