Apple, Google, Facebook, Amazon Tersandung Kasus Monopoli

Telset.id, Jakarta – Panel kongres akan mengadakan sidang kasus monopoli yang dituduhkan pada Apple, Google, Facebook dan Amazon pada 16 Juli 2019 nanti. Sidang diadakan oleh subkomite antimonopoli DPR, yang dipimpin oleh perwakilan David Cicilline.

Menurut Bloomberg, para regulator khawatir perusahaan teknologi seperti Apple, Google, Facebook, dan Amazon memiliki kebijakan yang tidak baik untuk konsumen, perekonomian, serta persaingan usaha.

{Baca juga: Inggris Investigasi Google dan Facebook Terkait Monopoli Iklan}

Menurut laporan Phone Arena, seperti dikutip Telset.id, Rabu (10/7/2019), jajaran eksekutif Apple, Google, Facebook, dan Amazon akan memberikan kesaksian di depan panel kongres minggu depan.

Keempat perusahaan tersebut memang sedang dalam penyelidikan terkait persoalan monopoli. Apple, misalnya, tengah menjadi subjek investigasi oleh otoritas Uni Eropa.

Perusahaan yang didirikan mendiang Steve Jobs ini memberlakukan kebijakan pengurangan 30 persen dari pengembang aplikasi yang menggunakan platform App Store. Kebijakan tersebut dikenal dengan sebutan pajak Appke.

Akibat kebijakan itu, harga aplikasi berbayar di etalase aplikasi iOS menjadi sangat tinggi. Aplikasi Spotify telah mengeluhkan pemberlakuan pajak dari perusahaan pembuat iPhone itu kepada komisi kompetisi Uni Eropa.

{Baca juga: Terkait Tuduhan Monopoli, Google Terancam Denda Rp 42, 8 Triliun}

Terkait persiapan menghadapi sidang di panel kongres, keempat raksasa teknologi ini belum bisa dimintai konfirmasi. Demikian halnya dengan panel kongres dan subkomite antimonopoli DPR. [SN/HBS]

Sumber: PhoneArena

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0