Apple Digugat Pelanggannya USD 1,2 Juta

Jakarta – Apple digugat oleh pelanggannya di Italia dengan tuduhan praktek perdagangan yang tidak adil. Akibatnya, perusahaan itu pun dikenakan gugatan dalam jumlah yang fantastis, USD 1,2  juta.

Garansi yang disediakan oleh Apple untuk melindungi perangakat besutannya di seluruh dunia hanya untuk satu tahun. Namun, Apple juga menyediakan sebuah layanan tambahan yang bisa dibeli oleh pelanggannya demi melindungi perangkat Apple yang dimilikinya.

Apple berniat memberikan kenyamanan lebih pada pelanggannya dengan menyediakan AppleCare. Layanan garansi tambahan dari Apple ini akan memberikan jaminan bahwa produk Apple milik pelanggan yang rusak berkaitan dengan hardware akan diperbaiki tanpa biaya.

Tak hanya itu, pelanggan yang membeli Apple Care Protection Plan sebagai layanan garansi tambahan ini bisa mendapatkan jalur khusus bantuan servis untuk perangkatnya. Layanan tambahan itu berupa 90 hari layanan gratis via telepon.

Masalahnya, AppleCare Protection Plan yang dijual oleh Apple menjadikan perangkatnya terjamin hanya selama 2 tahun padahal aturan di Uni Eropa sudah menerapkan garansi perangkat elektronik minimal selama dua tahun.

“Di Uni Eropa, konsumen berhak mendapatkan jaminan dua tahun minimum.Konsumen tidak boleh disesatkan dan bingung, hak konsumen Uni Eropa mendasar karena perusahaan ingin menjual jasa komersial garansi, ” kata Monique Goyens, Direktur Jenderal Organisasi Konsumen Eropa seperti dikutip Telsetnews dari The Next Web,Selasa (27/3).

Akibat penjualan garansi tambahan ini Apple digugat oleh seorang pelanggannya di Italia sebesar USD 1,2 juta dengan tuduhan praktek perdagangan yang tidak adil.

Apple yang tidak terima atas gugatan pelanggannya mengajukan banding atas gugatan tersebut ke pengadilan Italia. Namun, permohonan banding Apple ditolak oleh pengadilan Italia dan mengharuskan Apple membayar gugatan pelanggan tersebut.[dny/hbs]

 

Previous articleNokia Lumia 900 akan Hadir 8 April?
Next articleSegera Back Up Data, HTC Sense.com akan Ditutup

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here