Apple dan Intel Akhirnya Berjodoh?

Apple Intel Inside logoJAKARTA – Intel memang selama ini lebih dikenal sebagai penguasa pasar prosesor komputer desktop. Namun dengan berkembangnya perangkat mobile, Intel kini mulai serius masuk ke pasar prosesor mobile yang saat ini dikuasai Qualcomm. Menariknya, meski sebagai “pemain baru”, namun Intel tengah mengincar klien kakap, yakni Apple.

Saat ini ada dua perusahaan yang menjadi pemasok chip untuk Apple, yakni Samsung dan TSMC. Kedua perusahaan ini tengah bersaing ketat untuk bisa menjadi pemasok utama. Cerita menjadi tambah menarik, karena hubungan Samsung dengan Apple tengah kurang harmonis karena buntut dari masalah chipgate yang menerpa iPhone 6s Plus.

[Baca juga: Apple Depak Samsung Sebagai Pemasok Chip A10?]

Di tengah persaingan yang memanas antara Samsung dan TSMC, muncul Intel yang siap menyalip keduanya. Produsen prosesor komputer desktop terbesar di dunia ini dilaporkan siap meramaikan persaingan sebagai pemasok chip untuk Apple.

Intel tidak main-main dengan rencananya tersebut. Seperti dilansir Venture Beat, Intel dilaporkan telah mempekerjakan 1.000 orang karyawan untuk mengembangkan chip modem LTE 7360 yang disiapkan untuk iPhone generasi berikutnya – yang kemungkinan akan disebut iPhone 7 – yang dirilis tahun 2016 mendatang.

Keseriusan Intel dapat tercermin dari besarnya jumlah karyawan yang dipekerjakan. Intel nampak serius ingin menjadi salah satu rekanan pemasok chip modem LTE bagi Apple.

Bagi Intel, proyek ini akan sangat menentukan masa depan mereka di industri smartphone, mengingat Apple selama ini dikenal sebagai perusahaan yang menginginkan kualitas terbaik untuk produk terlarisnya.

Melihat besarnya jumlah volume produksi iPhone setiap tahunnya, maka sudah pasti Apple akan sangat mempertimbangkan untuk memesan modem LTE dari kedua pihak. Apple tentunya ingin memastikan mereka memiliki persediaan chip yang cukup di awal perilisan. Situasi seperti ini sudah dialami Apple saat memesan chip prosesor A9 dari TSMC dan Samsung.

Next

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI