telset
spot_img

Apple Belum Bisa Gusur Samsung Hingga Q3

Jakarta – Walaupun menunjukan pertumbuhan dibanding periode sebelumnya, namun Apple masih belum bisa menggusur Samsung dari posisi puncak penguasa pangsa pasar produsen ponsel di Amerika Serikat (AS).

Dalam laporan terbarunya situs comScore mencatat Apple mengalami pertumbuhan  sebesar 1,5% atau naik dari 16,3% menjadi 17,8% pangsa pasar di AS dalam periode tiga bulan yang terakhir hingga Oktober 2012.

Sementara Samsung yang berada diposisi pertama untuk periode yang sama juga  mengalami pertumbuhan sebesar 0,7%, atau naik dari sebelumnya 25,6% menjadi 26,3% market share di AS.

Apple tampaknya telah mulai mempersempit jarak dengan Samsung, setelah cukup sukses dengan penjulan iPhone 5 yang mulai dirilis di AS pada September lalu. Demikian yang dikutip telsetNews dari Techcrunch, Senin (03/12).

Di posisi ketiga ditempati LG yang mengalami penurunan sebesar 0,8%, dari sebelumnya menguasai 18,4%, turun menjadi sebesar 17,6% selama periode tersebut. Sedangkan Motorola dan HTC berurutan di posisi empat dan lima dengan mengusai 11 dan 6 persen dari pangsa pasar.

Meningkatnya market share Apple dalam tiga bulan terakhir karena terbantu oleh pertumbuhan jumlah pengguna smartphone di AS. comScore mencatat hampir 52% dari seluruh pelanggan di AS menggunakan smartphone. Jumlah ini naik 6% dari kuartal sebelumnya.

Perilisan iPhone 5 juga diyakini akan semakin mendongkrak posisi Apple. Smartphone terbaru Apple tersebut akan mendorong raksasa dari Cupertino itu kembali ke puncak tangga produsen handset di kandangnya sendiri AS.

comScore juga merilis pangsa pasar sistem operasi mobile yang masih dikuasai oleh Google Android. OS ‘robot hijau’ ini tumbuh dari sebelumnya 52,2% menjadi 53,6% pangsa pasar hingga Oktober.

Sementara iOS Apple juga naik sebesar 0,9% dari 33,4% menjadi 34,3%. Sedangkan RIM dengan Blackberry masih jadi pecundang terbesar di antara lima besar dengan penurunan 1,7%. Microsoft dan Symbian berada diurutan selanjutanya dengan sedikit penurunan dalam pangsa pasar di AS.

Diperkirakan pada kuartal berikutnya persaingan akan semakin sengit dan akan menjadi salah satu yang menarik untuk dilihat. Pasalnya, pada November sampai Januari kita akan melihat efek liburan pada penjualan semua produk ponsel.

LG diperkirakan akan memanfaatkan musim liburan tersebut dengan mengandalkan penjualan perangkat Nexus 4 dan juga Optimus G. Namun vendor asal Korea tersebut harus bersaing ketat dengan Apple, karena biasanya penjualan iPhone sangat laris di saat musim liburan akhir tahun.[hbs]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0