telset

Apple Batasi Pelacakan Pihak Ketiga di Aplikasi Anak-anak

Telset.id, Jakarta Apple berencana mengumumkan pembatasan baru untuk pelacakan pihak ketiga di aplikasi anak-anak. Dilansir The Verge, informasi mengenai pembatasan ini akan diumumkan pada WWDC 2019.

Pelacakan iklan ini merupakan proses perusahaan pihak ketiga dalam mengumpulkan dan berbagi informasi mengenai kebiasaan penelusuran, telepon, dan lain-lain. Informasi bisa digunakan untuk menargetkan minat pengguna secara khusus.

{Baca juga: Pengguna iPhone Kini Bisa Unduh Aplikasi dan Game Ukuran Besar}

Menurut Joanna Stern dari The Wall Street Journal, aplikasi iOS anak-anak bernama Curious World mengirim informasi mengenai nama, usia, dan buku putranya ke Facebook. Perusahaan mengklaim itu adalah sebuah kesalahan.

Namun, Stern dan rekannya berhasil menemukan pelacak di 79 dari 80 aplikasi iPhone. Ada sejumlah laporan terbaru mengenai seberapa banyak data yang sebenarnya diteruskan dari iPhone ke pihak ketiga.

Geoffrey Fowler di The Washington Post menemukan bahwa aplikasi-aplikasi mengirimkan data ke perusahaan pemasaran pada malam hari saat mereka tidak aktif.

{Baca juga: Remaja Ini Bobol Sistem Apple Demi Lowongan Pekerjaan}

Pada April, Apple menimbulkan kekhawatiran di antara para orangtua dengan melarang aplikasi pemantau apa yang bisa dilakukan anak-anak mereka di telepon. Sekarang mungkin sudah waktunya bagi Apple memperhatikan masalah privasi.

Apple juga sempat memblokir Tumblr dari platform App Store. Hal ini dibenarkan langsung oleh Tumblr, yang menyatakan bahwa masalah tersebut menjadi sumber kenapa aplikasi mereka dihapus dari App Store beberapa saat lalu. [BA/IF]

 

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0