Home NEWS Kominfo Bantah Aplikasi Peduli Lindungi Rentan Diretas

Kominfo Bantah Aplikasi Peduli Lindungi Rentan Diretas

Telset.id, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) buka suara terkait isu Aplikasi Peduli Lindungi rentan dengan serangan malware atau phising. Kominfo pun menjamin jika aplikasi tersebut aman karena memiliki sistem keamanan berlapis.

Beredar informasi soal Aplikasi Peduli Lindungi yang disebut tidak aman karena rentan diretas. Penyebar informasi itu meminta untuk tidak mengunduh aplikasi buatan Kominfo itu

Dalam broadcast yang disebar di media sosial dan WhatsApp Group itu, dituliskan bahwa aplikasi Peduli Lindungi tidak aman, rawan kena hack karena menggunakan bluetooth.

{Baca juga: Efektifkah Aplikasi Peduli Lindungi Lawan Corona? Ini Kata Pengamat}

“HATI2 JANGAN INSTALL aplikasi PeduliLindungi dari pemerintah. Maaf, sebaiknya jangan digunakan. Karena menggunakan bluetooth untuk aplikasinya jadi sangat rawan data hp dicuri. Apalagi jika hp kita terhubung m banking atau ovo, atau keuangan lainnya”

“Sudah dari bulan lalu ada, namun rawan penggunaannya. BAHAYA. Sekali kena hack, uang di bank bisa habis ga bersisa. Benar ga? Kalo ragu, mending Uninstall aja ya” tulis keterangan tersebut.

Direktur Jenderal Pos dan Penyelenggaraan Informatika (PPI) Kementerian Kominfo, Ahmad Ramli mengatakan bahwa memang saat ini beredar infomasi yang menyebut aplikasi Peduli Lindungi tidak aman karena tidak terdaftar di Google Play Store dan App Store.

Padahal informasi tersebut adalah hoaks karena aplikasi pemantau Covid-19 itu telah tersedia di kedua platform tersebut. Ramli menjamin jika aplikasi ini aman dari Malware ataupun Phising.

{Baca juga: Aplikasi Peduli Lindungi Sudah Tersedia di App Store}

“Kami pastikan bahwa berita itu tidak benar karena aplikasi PeduliLindungi saat ini sudah dapat diunduh melalui App Store dan Play Store untuk versi iOS dan Android dan tidak melalui APK sehingga sangat secure dari phising dan malware,” kata Ramli, dikutip Telset.id, Sabtu (18/4/2020)

Ramli meminta kepada masyarakat untuk mengunduh aplikasi tersebut. Pasalnya aplikasi tersebut memiliki keamanan yang berlapis dan keamanannya sudah dikaji oleh pihak Google maupun Apple, sehingga aman walaupun menggunakan bluetooth.

“Masyarakat diminta tidak ragu untuk menginstall PeduliLindungi, karena provider menggunakan sistem keamanan berlapis dan App Store serta Play Store juga telah mereview aplikasi ini sehingga listing dan tersedia di kedua platform terpercaya ini,” tambah Ramli. [NM/HBS]

 

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version