Aplikasi Palsu Setup for Amazon Alexa Kelabui Apple  

Telset.id, Jakarta – Apple dilaporkan telah dikelabui oleh aplikasi palsu bernama Setup for Amazon Alexa, yang seharusnya berfungsi untuk membantu pengguna melakukan pengaturan asisten virtual Amazon, Alexa, di speaker cerdas.

Menurut 9to5Mac, saat pertama kali dibuka, aplikasi meminta alamat IP pengguna, nomor seri speaker, dan nama perangkat. Daftar di App Store menyebut bahwa aplikasi mengajari pengguna cara menentukan pengaturan Alexa dengan tepat dan memberikan perintah dasar.

{Baca juga : Amazon Gandeng Polisi untuk Tangkap Pencuri Parsel Natal}

Mengingat ada banyak orang yang menerima speaker cerdas yang didukung Alexa sebagai hadiah selama musim liburan, aplikasi tersebut masuk ke jajaran aplikasi populer, menduduki peringkat keenam di kategori Utilities di App Store.

Aplikasi itu juga menduduki peringkat ke-60 di daftar aplikasi dengan jumlah pemasangan terbanyak di App Store. Kemungkinan, hal tersebut terjadi karena orang yang baru saja mendapatkan speaker cerdas Echo sebagai hadiah langsung mencari Setup Amazon Alexa di App Store.

Aplikasi palsu itu mendorong pengguna untuk terus menggunakannya dalam kurun waktu cukup lama sehingga dapat menyajikan iklan dan mendapatkan penghasilan. Perusahaan yang mengembangkan aplikasi Alexa palsu bernama One World Software.

{Baca juga : Gara-gara Ulah Robot, Puluhan Karyawan Amazon Keracunan}

Perusahaan tersebut juga mengembangkan dua aplikasi lain untuk pengguna perangkat iOS. Salah satu aplikasi itu bernama Marketplace – Buy/Sell. Sementara aplikasi kedua adalah aplikasi berbayar sebesar USD 0,99 atau Rp 14.395 berjudul Any Font for Instagram.

Namun, ketiga aplikasi tersebut dilaporkan telah dihapus oleh Apple pada tanggal 27 Desember 2018 lalu. Pengguna perangkat iOS yang telah memasang ketiga aplikasi itu disarankan untuk menghapusnya dari perangkat. [BA/MS]

 

Sumber : 9to5mac.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI