Aplikasi Bisa Perlemah Fitur Keamanan Andoroid

Jakarta – Aplikasi android yang melimpah ruah menjadi daya tarik tersendiri. Namun, banyak juga aplikasi yang malah membahayakan perangkat android tersebut.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh North Carolina State University menunjukkan smartphone android makin rentan terhadap hacker. Aplikasi dan fitur tambahan di dalam perangkat itu yang menyebabkan fitur keamanan android malah makin lemah.

Fitur yang membuatnya lebih user-friendly, seperti fitur yang memberitahu Anda tentang panggilan tidak terjawab atau pesan teks malah memotong keamanan android. dikutip Telsetnews dari Celuller News, Kamis (1/12), peneliti tersbut menemukan fakta bahwa fitur tersebut membuat celah backdoor kian besar.

Pre-loaded aplikasi yang dibangun di atas arsitektur Android yang ada sedemikian rupa untuk menciptakan potensi ‘backdoor’ yang dapat digunakan untuk memberikan pihak ketiga akses langsung ke informasi pribadi atau fitur telepon lainnya, ungkap Dr Xuxian Jiang, seorang asisten profesor ilmu komputer di NC State University.

Aplikasi pre-load yang dapat dengan mudah ditipu oleh hacker. Kelemahan di “backdoors” dapat digunakan untuk merekam panggilan telepon. Bahkan dapat mengirim pesan teks ke nomor premium yang akan membuat tagihan penggunanya membengkak hingga benar-benar menghapus semua pengaturan pengguna.

Kelemahan ini terbukti pada perangkat android tipe lama dan baru. Para peneliti dari NCSU mengakui pada perangkat android lama keamanannya lebih aman daripada android seri baru.[dny/hbs]{jcomments on}

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -