Apa Istimewanya Layar Melengkung Galaxy Round?

Samsung Galaxy Round
Samsung Galaxy Round

Jakarta – Samsung baru saja memperkenalkan smartphone dengan layar melengkung pertamanya, Galaxy Round. Layarnya yang melengkung ke dalam menjadikan smartphone ini nampak berbeda dengan ponsel yang ada selama ini. Lantas apa keistimewaannya?

Dilihat dari ukuran bodinya, Galaxy Round sebenarnya “beda tipis” alias mirip dengan Galaxy Note 3 tanpa stylus S-Pen. Namun smartphone yang dibanderol seharga Rp 11 jutaan ini memiliki keistimewaa pada display OLED berukuran 5,7 inci.

Dengan bentuknya yang melengkung, Galaxy Round diklaim lebih terasa nyaman di tangan saat digenggam. Kenyamanan juga dirasakan saat menempelkannya di pipi pada waktu menelepon, karena desain lengkungannya sudah disesuaikan dengan kontur wajah.

Samsung juga memberikan kesan premium pada Galaxy Round dengan memberikan lapisan desain kulit di sisi bagian belakangnya dengan memberikan aksen jahitan pada pinggirannya. Mirip seperti yang digunakan Galaxy Note 3.

Lalu apa istimewanya Samsung membuat layar melengkung pada smartphone terbarunya? Samsung menyebutkan lengkungan pada layar Galaxy Round memiliki fungsi, bukan cuma sebagai pemanis.

Selain memberikan kenyamanan karena telah didesain sesuai kontur wajah, layar melengkung Galaxy Round juga memiliki fungsi lain sesuai fitur baru yang ditambahkan pada smartphone ini.

Dikutip dari The Verge, Rabu (9/10), ada dua fitur baru yang dibawa Galaxy Round, yakni ‘Roll Efect’ dan ‘Gravity Effect’. Untuk  fitur Roll Effect, pengguna dapat melihat informasi seperti tanggal, waktu, missed call dan baterai secara mudah saat home screen mati.

Pengguna cukup menekan sisi layar di permukaan datar, maka informasi tadi akan ditampilkan. Sedangkan fitur Gravity Effect memungkinkan interaksi visual tertentu dengan menggoyang layar.

Layar melengkung ini juga memungkinkan pengguna dapat mengontrol pemutar musik dengan menekan sisi layar lengkung. Pengguna tinggal menekan bagian sisi kanan untuk memainkan lagu selanjutnya, atau menekan sisi kiri untuk memunculkan lagu sebelumnya.

Well, jika melihat fungsi dan fitur-fitur yang dibawa Galaxy Round, sepertinya tidak ada yang terlalu istimewa. Namun sebenarnya wajar-wajar saja karena memang baru produk pertama yang dibuat Samsung.

Oleh sebab itulah Samsung saat ini baru memasarkan Galaxy Round di pasar lokal Korea saja. Samsung kemungkinan ingin melihat respon pasar dulu, kalau memang responnya bagus, baru mereka akan memperluas penjualannya ke negara lain.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI