Android Unggul Jumlah Unduhan, Tapi iOS Lebih Tajir

 

ilustrasi Google Play Store vs Apple App Store

Telset.id – Persaingan dua sistem operasi Android dan iOS sangat menarik untuk disimak. Berdasarkan laporan tahunan App Annie, sepanjang 2015 Android memenangkan jumlah unduhan aplikasi dan jumlah device yang beredar. Sementara Apple unggul dari sisi jumlah uang yang diraup.

Situasi persaingan yang memanas ini sudah berlangsung sejak 2013. Jumlah unduhan aplikasi Android mencapai dua kali lipat dari unduhan aplikasi di iOS sejak 2013. Menurut App Annie, kenaikan jumlah unduhan Android disebabkan ekspansi Google di negara berkembang seperti India, Mexico dan Turki.

Di negara-negara tersebut sangat haus akan handset Android dengan harga murah. Toko aplikasi Google Play juga kuat di wilayah Amerika Serikat.

Android Unggul Jumlah Unduhan, Tapi iOS Lebih Tajir

Sementara Apple memimpin perolehan uang dari unduhan aplikasi di toko aplikasinya, App Store. Di tahun 2015, pendapatan Apple dari App Store 75% lebih banyak dibanding Android. Pendapatan tersebut berasal dari pembelian aplikasi atau pembelian di dalam aplikasi iOS.

China menjadi pasar utama Apple. Di negara ini, unduhan iOS mengalami peningkatan hingga 20% sepanjang 2014 dan 2015. Sehingga, pendapatan Apple di negara ini juga naik dua kali lipat.

Bagaimana dengan persaingan di tahun ini ya? Apakah Android masih mendominasi jumlah unduhan dan apakah Apple masih akan memegang lebih banyak uang ketimbang Android? Kita lihat saja dua musuh bebuyutan ini berjibaku di tahun ini.[AI/HBS]

Artikel Android Unggul Jumlah Unduhan, Tapi iOS Lebih Tajir dikutip dari Telset.