telset

Android Masih ‘Kokoh’ Kuasai Pasar di China

Ilustrasi Android di China
Ilustrasi Android di China

Jakarta – Dengan jumlah populasi penduduk terbesar di dunia, China merupakan pasar smartphone yang besar dengan perkembangan yang sangat pesat. Namun sayangnya, pertumbuhan platform mobile di negara tersebut terlihat sangat timpang karena didominasi oleh Android.

Baru-baru ini perusahaan survey, Strategy Analitics melakukan perhitungan terhadap pengiriman smartphone di China. Dari hasil perhitungan tersebut, ditemukan bahwa 86 persen dari pengiriman smartphone selama Q4 2012 adalah perangkat Android.

Market share Android ini sangat timpang jika melihat penguasaan pasar yang dicatat pesaing utamanya Apple iOS. Perangkat iOS hanya menguasai 12 persen dari total pengiriman smartphone di China pada Q4 2012.

Strategy Analitics juga mencatat, ada sekitar 13 juta pengguna mengaktifkan iOS setiap bulannya atau naik 3 juta dibandingkan bulan lalu. Demikian yang dilansir TechCrunch, Jumat (1/2).

Secara keseluruhan, pengiriman smartphone ke China telah tumbuh 64 persen dari tahun ke tahun, dan khusus di Q4 2012 jumlahnya mencapai 53 juta unit.

Melihat dominasi perangkat Android dan iOS yang hanya menyisakan 2 persen pangsa pasar, maka  rasanya BlackBerry, Windows Phone, dan platform lainnya tidak mendapatkan harapan yang besar untuk bisa lebih berkembang di Negeri Panda tersebut. [lkh/hbs]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0