telset

Android Masih Kokoh di Puncak, iOS Lesu

Telset.id, Jakarta – Strategy Analytics baru-baru ini merilis penelitiannya untuk pangsa pasar smartphone di Q3 2016. Android masih kokoh di puncak dengan menguasai pangsa pasar untuk smartphone sebesar 88%. Hasil tersebut naik sebesar 3,9% dari kuartal yang sama tahun lalu.

Sedangkan pesaing terdekatnya, iOS, masih tertinggal sangat jauh dengan persentase 12,1% atau turun 1,5% dari kuartal yang sama pada tahun 2015 lalu. Sementara OS lainnya hanya mencicipi 0,3% pangsa pasar.

Sementara itu, total pengiriman smartphone di kuartal ketiga 2016, Android kembali masih memimpin dengan total 328,6 juta perangkat atau tumbih 10,3% untuk penghitungan Year on Year (YoY). Kondisi berbeda dialami sang pesaing, iOS yang malah turun hingga 5,2%.

pangsa-pasar

“Dengan terus naiknya Android, tentu hal tersebut mengorbankan seluruh platform saingan utamanya,” ucap Neil Mawston, Direktur Eksekutif dari Strategy Analytics.

Mawston mengungkapkan, bahwa menurunnya pangsa pasar iOS pada Q3 2016 ini kemungkinan besar karena pencapaian mereka yang turun di China dan Afrika.

“BlackBerry dan Windows Phone sebenarnya bisa bersaing, namun mereka malah menghilang disebabkan oleh perubahan strategi. Sementara Tizen dan platform lainnya masih belum kelihatan, karena dukungan dari para pengembang serta produknya yang masih terbatas,” tutup Neil. (FHP/HBS)

SourceGSMArena

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0