telset

Android Masih Jadi Sasaran Empuk Malware

Malware di AndroidJakarta – Kaspersky melaporkan bahwa 99% program jahat telah dikembangkan untuk menyasar para pengguna Android. Sementara sisanya menyasar para pengguna ponsel berbasis system operasi Java dan Symbian.

Laporan tersebut merupakan hasil penelitian dilakukan Kaspersky Security Bulletin 2012, dengan pengambilan data melalui Kaspersky Security Network (KSN). Sebuah teknologi dengan system cloud untuk mendeteksi perkembangan malware baru secara real time.

Jumlah temuan malware di Android pada 2011 secara rata-rata per bulan naik menjadi lebih dari 800 sampel. Dan terhitung pada 2012 ini, Kaspersky Lab mengidentifikasi pertumbuhannya mencapai 6300 sampel malware mobile baru per bulan.

Laporan tersebut menyatakan ada tiga kelompok malware Android yang berkembang pesat. Diantaraya adalah SMS Trojan, yang bekerja dengan cara menguras akun para korban dengan cara mengirim SMS ke nomor premium.

Sedangkan malware lainnya adalah Backdoor, yang bekerja memberikan akses ilegal atas smartphone dan memungkinkan penginstalan program jahat lain dan melakukan pencurian data personal.

Sisanya adalah Spyware, dengan mengumpulkan data pribadi seperti alamat dan password (atau di beberapa kasus mengumpulkan foto pribadi).

Dikutip dari laman securelist, Senin (07/01), Kaspersky juga menyebutkan bahwa SMS Trojan adalah malware yang paling luas penyebarannya, sementara aplikasi yang menampilkan iklan yang tidak diinginkan berada di tempat kedua.

Sedangkan penyebaran malware lainnya, menyusup dengan cara penginstalan software pada Android,  masuk dari aplikasi yang didapat dari Google Play.

Salah satu contoh dari mobile malware pada 2012 lalu yang dilaporkan adalah aplikasi “Find and Call,” yang berhasil menyusup ke Google Play Store serta ke store aplikasi Apple.[wnh/hbs]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0