telset

Android Masih Kuasai Pasar Smartphone AS

Jakarta – Pertumbuhan smartphone di Amerika Serikat (AS) terus mengalami peningkatan dalam tiga bulan. Lembaga riset comScore melaporkan jumlah pengguna smartphone di AS meningkat 7% hingga bulan Juli.

Smartphone dengan platform Android dari Google masih mendominasi dengan menguasai 52,2% pangsa pasar, atau naik 1,4% dari pencapaian di kuartal terakhir tahun lalu.

iOS milik Apple juga mengalami peningkatan sebesar 2% dengan menguasai 33,4% pasar. comScore mencatat, hampir sepertiga dari semua smartphone di AS adalah perangkat buatan Apple. Demikian yang telsetNews kutip dari GSMArena, Kamis (6/9).

Sedangkan hasil negatif dicatat Research In Motion sebagai pembesut BlackBerry, yang mengalami penurunan 2,1% sehingga hanya menguasai 9,5% pangsa pasar di AS dari sebelumnya 11,6%.

Pencapaian Microsoft hingga Juli lalu juga mengalami penurunan, dari sebelumnya 4% turun menjadi 3,6%. Symbian juga mengalami nasib yang sama, karena kini hanya memiliki 0,8% pangsa pasar dari sebelumnya 1,3%.

Sementara dari sisi perangkat, Samsung masih tetap kokoh sebagai produsen ponsel terbesar dengan menguasai 25,6%, disusul LG dengan 18,4%. Apple berada diurutan ketiga dengan 16,3%, Motorola (11,2%), dan HTC (6,4%).

Apple dan HTC adalah dua produsen dengan pangsa pasar meningkat selama kuartal terakhir. Apple mengalami peningkatan sebesar 1,9% dan HTC naik 0,4%.

Angka-angka ini diyakini akan terus bergerak dengan semakin banyaknya perangkat smartphone baru yang diluncurkan bulan ini. Potensi peningkatan terbesar bisa diraih Apple dengan kehadiran iPhone 5 pada 12 September mendatang. [hbs]

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0