Android & iOS Kokoh Berbagi Kekuasaan

Featured41

 

JAKARTA – Android dan iOS sudah lama mendominasi pasar smartphone, dimana keduanya sampai sekarang masih berbagi kekuasaan. Dari data terbaru yang dirilis Gartner, Android dan iOS masih terlalu kuat untuk dapat disaingi dalam beberapa tahun ke depan.

Menurut data terbaru Gartner, Android menguasai 84,7% market share di kuartal ketiga 2015, atau naik 1.4% dari tahun ke tahun. Kontribursi terbesar bagi pertumbuhan Android ini disumbangkan oleh penjualan smartphone global yang dimotori Samsung dan Huawei. Keduanya menyumbang 23,7% dan 7,7% dari semua smartphone yang terjual di Q3 2015.

Sementara iOS berhasil mendapatkan 13,1% pangsa pasar di Q3 2015, atau naik 0,6% dari tahun ke tahun. Meski masih terpaut sangat jauh dengan Android, namun jumlah keduanya jika ditotal akan mencapai 97,8%. Dengan begitu, tak heran jika keduanya disebutkan mengendalikan industri smartphone saat ini.

Di luar kedua raksasa tadi, masih ada Windows Phone dan BlackBerry yang mencoba bertahan dengan mendapat secuil pangsa pasar yang disisakan Android dan iOS.

Gartner masih menaruh harapan pada Windows 10 for Mobile. Windows sendiri telah mengalami penurunan market share dari 3% menjadi hanya 1,7% dari tahun ke tahun.

Sedangkan dari keseluruhan penjualan, hampir 478 juta unit smartphone dikirimkan selama kuartal ketiga tahun 2015, atau naik 3,7% dari tahun lalu.

“Kami berharap pasar smartphone Windows akan terus menjadi bagian dari pasar OS smartphone secara keseluruhan, agar konsumen tetap tertarik dengan persaingan di ekosistem ini. Smartphone Microsoft akan fokus pada pengguna enterprise,” kata Direktur riset dari Gartner, Roberta Cozza.[MFH/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI