Android & Chrome akan Digabung Jadi Satu OS

AndroidChromeJAKARTA – Saat ini Google memiliki dua sistem operasi untuk perangkat yang berbeda, yakni Chrome OS untuk laptop atau PC, dan Android untuk perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Sebuah kabar menyebutkan, Google berencana akan menggabungkan keduanya menjadi satu sistem operasi.

Kedua sistem operasi buatan Google itu memang dirancang dengan platform diperangkat yang berbeda. Masing-masing memiliki kekurangan dan keunggulan sesuai fusngsinya. Namun bukan berarti kedua OS itu tidak bisa digabungkan. Buktinya, Google saat ini sedang dalam proses pengembangan untuk menggabungkan keduanya dalam satu sistem operasi baru.

Kabar tersebut diungkap pertama kali oleh Wall Street Journal beberapa saat yang lalu. Disebutkan bahwa rencana penggabungan ini telah berjalan selama dua tahun dan direncanakan produk awalnya akan terungkap di awal tahun 2016, dan akan dirilis secara penuh pada tahun 2017 mendatang.

Masih dari sumber yang sama, Google dilaporkan pada dasarnya ingin mengembangkan Android agar bisa berjalan di laptop. Nantinya Chromebook yang berbasis OS akan diubah menjadi lebih baik.

Google melihat bahwa Chrome OS masih kurang diminati, terutama di luar Amerika Serikat, dan nampaknya Google berencana untuk meninggalkan Chrome OS untuk lebih berkonsentrasi pada OS Android yang lebih populer.

Sistem operasi hasil penggabungan dua OS itu nantinya akan memungkinkan satu aplikasi bisa berjalan di berbagai jenis perangkat. Mulai dari laptop, smartphone, tablet, atau yang lain.

Langkah Google ini bukanlah yang pertama. Karena sebelumnya Microsoft telah melakukan hal serupa dengan Windows 10. Microsoft telah membangun OS universal yang memungkinkan aplikasi untuk berjalan di semua jenis perangkat, baik konsol game, PC desktop, laptop, tablet, dan juga smartphone.

Well, belum diketahui OS baru ini akan menyandang nama apa. Bisa saja Google memilih nama Android karena lebih populer ketimbang Chrome, atau kemungkinan Google memberikan nama baru. Kita tunggu saja tahun depan saat Google memperkenalkan OS barunya tersebut. [HBS]

SourceWSJ

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0