Android Belum Terbendung, WP Merangkak Naik di Eropa

Android vs Apple ilustrasi
Ilustrasi

Jakarta – Pangsa pasar smartphone berbasis Windows Phone mulai merangkak naik di wilayah Eropa. Sementara Android masih menguasai pasar di hampir seluruh wilayah di dunia, bersaing ketat dengan iOS yang membuntuti di posisi kedua.

Menurut laporan terbaru Kantar World Panel untuk pangsa pasar smarphone menunjukkan adanya pertumbuhan yang diraih Windows Phone di wilayah Eropa. Sedangkan Android dan iOS masih terus bersaing menguasai pasar Amerika Serikat.

Android hingga akhir Agustus berhasil menguasai 55% lebih pangsa pasar smartphone di Amerika Serikat, sedangkan iOS terus membuntuti dengan menguasai 39,3% atau naik 5,4% dibanding periode yang sama tahun 2012 lalu. Kenaikan ini dipicu oleh peluncuran iPhone 5S dan iPhone 5C.

Selain kedua platform teratas tadi, Kantar juga mencatat platform Windows Phone berhasil meraih pangsa pasar di AS sebesar 3%, sementara pasar BlackBerry kembali turun menjadi 1,8%.

Untuk wilayah Eropa, Windows Phone mulai menujukan tren positif di beberapa negara utama di Eropa. Market share Windows Phone di Inggris mencapai 10,8%, Perancis (12%), dan di . Sementara di Jerman, Italia, dan Spanyol rata-rata mencatat pangsa penjualan 9,2%. Pertumbuhan ini didorong oleh larisnya Nokia Lumia 520 dan Lumia 620. Sedangkan BlackBerry di Eropa tinggal menyisakan pangsa pasar sebesar 2,4%.

Sementara Android masih belum tergoyahkan sebagai penguasa Eropa dengan pangsa pasar sebesar 70,1%. Meski masih kokoh diposisi teratas, namun Android harus waspada akan ancaman dari iOS dan Windows Phone yang menunjukan tren kenaikan.

Pasalnya, seperti yang telsetNews kutip dari Cnet, Selasa (1/10), pertumbuhan Android kini mulai stagnant dengan motor utamanya masih dari Samsung. Meski begitu, Kantar melihat bahwa Sony, Nokia, dan LG mulai sedikit memberikan perlawanan kepada Samsung di pasar smartphone.

Selain AS dan Eropa, Kantar juga menunjukan hasil survey-nya untuk wilayah Jepang. Di Negeri Matahari Terbit ini, kekuatan iOS dan Android cukup berimbang. iOS menguasai 48,6%, sementara Android 47,4%.

Namun Kantar memprediksi pangsa pasar iOS di Jepang akan naik mengingat iPhone terbaru akan segera tersedia di Jepang melalui operator seluler terbesar NTT DoCoMo. Dengan mengandalkan iPhone 5S dan 5C, Apple diprediksi akan mempecundangi Android di pasar Jepang.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0