Analis: Tunda Rilis iPhone Baru, Pasar Apple Makin Jeblok

Apple iPhone ilustrasi

Jakarta – Terlepas dari kenyataan bahwa saat ini iPhone masih menguasai pasar smartphone AS, namun menurut perkiraan analis, pangsa pasar iPhone akan tergerus jika menunda waktu peluncuran iPhone generasi terbaru.

Analis Toni Sacconaghi dari Bernstein Research berpendapat, bahwa pangsa pasar iPhone akan cenderung menurun jika Apple menunda untuk merilis iPhone generasi berikutnya.

Seperti diketahui, sejak iPhone pertama kali dirilis pada tahun 2007, raksasa asal Cupertino itu setiap tahun selalu merilis iPhone model terbaru. Biasanya pada triwulan pertama sebelum diluncurkan model baru, penjualan iPhone akan menuru. Hal ini disebabkan para pelanggan memilih untuk tidak membeli iPhone, karena mengantisipasi  diluncurkannya iPhone model terbaru.

Toni percaya bahwa pangsa pasar iPhone bisa menurun sampai 12% di kuartal ini, dan mungkin pangsa pasar iPhone akan terus menurun hingga 17% jika smartphone baru Apple itu tidak dirilis. Demikian yang dikutip telsetNews dari Ubergizmo, Kamis (2/5).

Sementata itu pesaing Apple, Samsung telah berhasil mencatat peningkatan pasarnya di AS pada periode kuartal pertama 2013. Peningkatan itu disebutkan karena Samsung setiap tahun selalu meluncurkan smartphone Android seri Galaxy-nya, yang menjadi pesaing utama iPhone.

Apple sendiri dikabarkan tidak tinggal diam melihat musuh bebuyutannya itu berhasil menggerus pasar iPhone di kandang mereka, AS. Dari beberapa rumor yang telah banyak beredar, Apple disebutkan tengah mengembangkan iPhone murah untuk menghadang Samsung.

Dengan iPhone murah itu Apple berharap bisa membantu mereka untuk mendapatkan kembali sebagian dari pangsa pasar yang telah diambil Samsung. Kabarnya Apple akan merilis dua model  iPhone tahun ini, yakni iPhone versi murah dan iPhone 5S.[HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0