Amerika Ciptakan Robot Militer Siap Tempur

JAKARTA – Robot selama ini diciptakan untuk membantu mempermudah pekerjaan manusia. Namun kali ini robot tangguh dan siap tempur ala militer hadir seperti yang biasa kita tonton di film Terminator telah mulai diproduksi. Robot siap tempur ini kabarnya tengah diproduksi oleh pihak militer Amerika Serikat, dimana mereka tengah berupaya merealisasikan keberadaan robot militer tesebut dalam kehidupan nyata.

Digadang-gadang ini merupakan terobosan terbesar bagi militer Amerika. Kabarnya, militer Amerika Serikat kini telah memproduksi robot tentara bipedal dan berkaki empat yang bisa berlari lebih cepat dari manusia. Pengembangan robot ini sendiri berada di bawah naungan Maximum Mobility and Manipulation program milik Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA).

Pihak militer Amerika berdalih, program ini bertujuan untuk menciptakan kerangka ilmiah yang secara signifikan meningkatkan mobilitas dan manipulasi robot terbesar terhadap lingkungan alam sekitarnya. Selain diperuntukkan bagi keperluan militer dan perang, robot-robot ini juga bisa digunakan untuk bidang-bidang yang lainnya seperti pertanian, pemadam kebakaran, maupun layanan darurat.

Disebutkan, robot Cheetah mampu kuat berjalan dalam kondisi apapun. Namun robot-robot ini masih jauh dari se,mpurna, karena selain masih mengeluarkan suara yang bising, robot ini ternyata juga hanya mampu berlari di bawah kecepatan yang diharapkan. Dan bahkan Marc Raibert selaku President Boston Dynamic sendiri, seperti dikutip dari DailyMail oleh Telsetnews, Rabu (2/3) menegaskan, kalau untuk mencapai kesempurnaan tampaknya robot tersebut masih memerlukan waktu.

Sementara itu, robot Atlas yang memiliki dua buah lengan, dua kaki dan dapat berjalan tegak  mirip seperti prototip anthropomorphic Petman yang pernah ada sebelumnya. Robot jenis ini didesain untuk masuk ke ruangan yang sempit dan menggunakan tangannya untuk bergerak cepat pada medan yang terjal.[ana/ hbs]{jcomments on}

Previous articleApple Rilis Mac OS X 10.7
Next articleDengan Mata Bisa Operasikan Laptop

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here