telset

Akun Twitter Paus Kembali Aktif

1C6433900-expanded
Jakarta – Beberapa pekan yang lalu, Vatican cukup ramai diberitakan karena Paus Benediktus XVI yang menjadi pemuka di gereja Katolik Vatican mengundurkan diri. Isi dari akun Twitter @Pontifex yang menjadi media pelayanan umat pun dihapus oleh pengurus gereja Vatican. Tapi sekarang, setelah Vatican mendapatkan pengganti Paus Benediktus XVI, akun tersebut kembali berkicau.

Sambil menyambut pelantikan di Lapangan Santo Petrus atas terpilihnya Paus Fracis sebagai pengganti Paus Benediktus XVI, dunia maya ikut merayakan dengan postingan Twitter @Pintifex pertama berbunyi “HABEMUS PAPAM FRANCISCUM”. Dari blog Twitter diketahui bahwa kicauan pertama ini diposting 45 menit setelah Paus Franciscus I muncul di tengah ribuan pengikutnya di alun-alun St. Peter.

Akun @Pontifex sendiri sudah memiliki pengikut sebanyak 1.805.563. Sebelumnya, sudah banyak tulisan di  akun @Pontifex yang digunakan Paus Benediktus XVI untuk diskusi dan pelayanan umat sejak Desember 2012. Seorang juru bicara mengatakan Paus Benediktus XVI akan “menjangkau semua orang” dengan akun dalam delapan bahasa, meskipun tidak ada tweet yang diposting pada hari pertama seperti saat Paus Franciscus dilantik.

Sejak Paus Benediktus XVI meninggalkan kantor pada tanggal 28 Februari, kehadiran Twitter @Pontifex dikabarkan akan berakhir juga. Akun ini bahkan sempat berubah nama menjadi “Sade Vacente” yang berarti kursi kosong.

“Kami akan mengirimkan pesan spiritual. Paus tidak akan berjalan berkeliling dengan Blackberry atau iPad dan tidak ada seorang pun yang akan menjejalkan kata-kata ke dalam mulut Paus,” kata Greg Burke, senior media penasihat Vatican, yang telsetNews kutip dari bbc uk, Kamis (14/3).

Munculnya kicauan pertama menandakan bahwa Vatican ingin menjaga akun Paus tetap berjalan. Apapun keputusannya, akun @Pontifex mungkin saja menjadi pusat strategi dari media baru Vatican untuk tahun-tahun mendatang.  (lkh/hz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0